Saeful, Muhamad (2015) Pembangunan game sejarah perjuangan teuku umar melawan penjajah. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Sejarah panjang bangsa indonesia dalam melawan penjajah banyak memunculkan tokoh. Teuku umar adalah tokoh pahlawan nasional yang berasal dari Aceh. Ia dikenal karena kegigihan dan semangat juang tinggi ketika memimpin perang gerilya di Aceh dengan berbagai siasat perang. Teuku umar merupakan sosok panutan rakyat Aceh yang tidak bisa dilupakan karena perjuanganya bersama rakyat Aceh melawan penjajah Belanda. Dalam sejarah Teuku Umar terkandung banyak nilai-nilai kepahlawanan dan semangat nasionalisme yang dapat dijadikan teladan bagi generasi muda. Namun saat ini sejarah Teuku Umar kurang diketahui pelajar bahkan mulai dilupakan. Berdasarkan kuesioner yang telah dilakukan pada 30 pelajar sekolah menegah pertama terdapat 18 pelajar kurang mengetahui sejarah Teuku umar. Adapun mereka yang mengetahui hanya tahu sebatas daerah asal dan nama perangnya saja. Kurang tahunya pelajar tidak terlepas dari kurangnya informasi tentang sejarah tokoh tersebut. Media pembelajaran sejarah yang ada masih berupa buku bacaan membuat pelajar kesulitan untuk mempelajari sejarah sehingga membuat pelajar tidak tertarik. Atas dasar permasalahn inilah dibangun sebuah game yang dapat membantu untuk memberikan informasi tentang sejarah perjuangan Teuku Umar. Game Sejarah Teuku Umar melawan penjajah merupakan game berjenis adventure yaitu game yang hampir keseluruhan permainannya melakukan petualangan yang didasarkan pada cerita. Game ini dibangun dengan menggunakan analisis data berorientasi objek, algoritma A* untuk kecerdasan buatan pada musuh dan storyline game dibuat berdasarkan alur cerita dari sejarah Teuku Umar. Pengujian perangkat lunak merupakan hal terpenting yang dilakukan untuk menemukan kekurangan pada perangkat lunak yang diuji. Pengujian yang dilakukan berupa pengujian alpha dan pengujian beta. Pengujian alpha berfokus pada pengujian fungsional perangkat lunak, dan pengujian beta berupa pengujian langsung yang melibatkan pengguna terhadap aplikasi game yang dibangun. Adapun kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu, game ini dapat membantu untuk memberikan informasi tentang sejarah Teuku Umar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | game, sejarah Teuku Umar, game adventure. |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 08:11 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 08:11 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29702 |
Actions (login required)
View Item |