Analisis Penagihan Pajak Dengan Surat Paksa Terhadap Tingkat Penerimaan Pendapatan Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying

Hia, Widiastuti (2014) Analisis Penagihan Pajak Dengan Surat Paksa Terhadap Tingkat Penerimaan Pendapatan Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penagihan pajak dengan Surat Paksa pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying dari tahun 2009-2013 cukup fluktuatif, terutama dari tahun 2011-2013 cenderung mengalami penurunan. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan penagihan dengan surat paksa kurang efektif, dimana surat paksa yang diterbitkan tidak diterima oleh Wajib Pajak karena berpindah domisili tempat tinggal atau tempat usaha serta tindak lanjut penagihan yang kurang tegas. Meskipun mengalami penurunan dari tahun 2011 sampai dengan 2013, nominal pencapaian pencairannya secara umum selama 5 tahun terakhir mengalami kenaikan yang menandakan bahwa kinerja tetap meningkat. Penerimaan pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2013 cukup berfluktuatif. Dimana, pada tahun tahun 2010 dan tahun 2013, realisasi penerimaan pajak mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh kurang efektifnya fasilitas pelayanan perpajakan seperti penggunaan e-SPT atau Surat Pemberitaun Elektronik yang tidak dapat diakses oleh wajib pajak dengan lancar. Akan tetapi, pada tahun 2011 dan tahun 2012, realisasi penerimaan pendapatan pajak mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Terutama tahun 2013, realisasi penerimaan pendapatan melebihi jumlah penerimaan pajak yang ditargetkan atau mencapai 133%. Hal ini menandakan bahwa kombinasi antara kesadaran wajib pajak untuk melaksanakan kewajibannya dan kinerja KPP Pratama Bandung Cibeunying cukup baik. Tingkat penerimaan pajak yang diperoleh dari surat paksa kurang berpengaruh kuat terhadap penerimaan pendapatan secara keseluruhan di KPP Pratama Bandung Cibeunying. Akan tetapi secara umum penagihan pajak dengan surat paksa dinilai cukup efektif dalam memaksimalkan rencana penerimaan pendapatan di KPP Pratama Bandung Cibeunying.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis Penagihan Pajak
Subjects: D3 Tugas Akhir > Keuangan Perbankan > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:11
Last Modified: 16 Nov 2016 08:11
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29734

Actions (login required)

View Item View Item