Future Business Analysis and Mapping Dalam Perancangan IS/IT Strategic Planning Pada PTRH

Sihombing, Esson (2014) Future Business Analysis and Mapping Dalam Perancangan IS/IT Strategic Planning Pada PTRH. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Strategi merupakan sebuah jembatan antara kebijakan atau tujuan dan taktik/aksi nyata. Setiap perusahaan memiliki strategi tertentu yang digunakan untuk melangsungkan aktifitasnya, baik itu strategi bisnis maupun strategi IT. IS/IT tidak lagi dipandang sebagai pendukung, tetapi telah menjadi penentu terlaksananya sasaran/strategi bisnis perusahaan. Strategi dan Investasi IS/IT adalah kunci agar perusahaan mampu bertahan di lingkungan bisnis yang kompetitif, dan bertujuan untuk mencapai efisiensi, efektifitas, tujuan kompetitif, atau objektif yang menghasilkan value. Sementara itu persaingan usaha yang makin ketat menyebabkan perusahaan perlu memperbaharui model bisnis dari Future Business-nya. Sebuah model bisnis yang baik menjelaskan darimana dan bagaimana sebuah organisasi memperoleh uang, apa keunikan yang ditawarkan kepada konsumen. Mendesain Future Business merupakan keharusan bagi perusahaan yang ingin dapat bersaing. Model bisnis dibuat untuk memudahkan perusahaan dalam memetakan bisnis ditingkat abstrak dan kemudian mengujinya ditingkat nyata. Setelah itu, strategi bisnis disusun untuk membuat perusahaan berbeda secara strategis terhadap para pesaingnya. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah Business Model Canvas (BMC) Long Tail Strategy dalam Perencanaan Strategis IS/IT untuk mencapai visi dan misi perusahaan; menghasilkan portofolio aplikasi dan menyusun prioritas investasi IS/IT; serta merekomendasikan dan menyusun aplikasi usulan yang mengarah kepada services dan Enterprise System. Dengan menerapkan strategi ini diharapkan budaya organisasi dan bisnis akan mengalir dengan cara yang berbeda, dilain pihak pendapatan dari penjualan produk akan meningkat. Sementara itu dari sisi produk IS/IT yang disediakan, Perencanaan Strategis IS/IT akan mampu merekomendasikan aplikasi dan produk yang memiliki fungsionalitas tinggi sesuai kebutuhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: IS/IT Strategic Planning, Strategi IT, Future Business, Business Model Canvas, Long Tail Strategy
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:11
Last Modified: 16 Nov 2016 08:11
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29821

Actions (login required)

View Item View Item