PERLINDUNGAN HUKUM PADA PELANGGAN PT. PLN TERHADAP TAGIHAN REKENING LISTRIK DITINJAU DARI UU NO. 8 TAHUN 1999

Agustyan, Ana (2002) PERLINDUNGAN HUKUM PADA PELANGGAN PT. PLN TERHADAP TAGIHAN REKENING LISTRIK DITINJAU DARI UU NO. 8 TAHUN 1999.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT.PLN (PERSERO) Distribusi Jawa Timur Area Malang Kota merupakan pemain tunggal (monopoli) dalam pemasaran listriknya. Karena tidak ada persaingan usaha dari perusahaan lainnya yang sejenins. Walaupun demikian pelanggan-pelanggan tidak akan berhenti menjadi pelanggan karena mereka tidak punya pilihan lain. Diantaranya banyak keluhan pelanggan tentang keluhan pelanggan yang tertinggi adalah masalah keakuratan pembacaan meter. Karena kekesalan pelanggan yang serin g membayar rekening listrik tidak sesuai dengan pemakaian daya. Salah satu kepuasan pelanggan PT.PLN adalah apa yang dibayar senilai dengan daya yang telah dipakai. Dan kewajiban utama pelanggan PT.PLN adalah membayar rekening tepat waktu. Sebaliknya dengan PT.PLN wajib menyediakan tenaga listrik terus menerus sdengan mutu dan keandalan yang baik. Dalam tugas akhir ini, penulis mengulas permasalahan seputar perlindungan hokum pada pelanggan PT.PLN terhadap tagihan rekening listrik. Mengapa terjadi perbedaan antara jumlah tagihan rekening listriknbya tidak sesuai dengan jumlah pemakaian daya oleh pelanggan dan bagaimana upaya hokum yang dilakukan pelanggan apabila jumlah tagihan rekening listriknya tidak sesuai dengan daya pemakaian berkaitan dengan UU nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Tujuan penelitian untuk mengetahui sebab-sebab terjadinya perbedaan tagihan rekening dengan pemakaian daya dan bagaimana upaya hukum yang dialkukan oleh pelanggan serta mencapai jawaban atas masalah –masalah yang berkaitan dengan jumlah tagihan rekening yang tidak sesuai dengan daya yang tidak dipakai. Metode pendekatan yang digunakan dalam membahas permasalahan yang diangkat adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa interview dan dokumentasi serta pemgamatan yang kemudian dianalisa dengan menggunakan analisa deskriptif.Adapun hasil analisa penulis dari penulisan skripsi ini dapat digambarkan sebagai berikut : Dari hubungnan antara PT.PLN dengan Koperasi menimbulkan hak dan kewajiban antara kedua belah pihak. Kalu menurut dari pandangan PT.PLN sendiri yang menyebabkan kesalahan baca meter yang dilakukan oleh petugas CATER adalah kurangnya sence of belonging,rendahnya upah pencatatan, mengejar target waktu pencatatan, rumah kosong atau pintu pagar terkunci, posisi meteran yang terlalu tinggi. Begitu sebaliknya kalu dilihat dari sisi Kopersi sendiri yang menyebabkan kesalahan baca meter adalah rumah kosong atau pintu pagar terkunci dan karena Route Baca Meter yang tidak teratur, apaliga mengingat pelanggan PT.PLN sebanyak 80 % merupakan pelanggan dengan tariff R1 yang harus dibaca dari rumah kerumah. Cara PT.PLN menumbuhkan sence of belonging adalah dengan meningkatkan reward dan punishment kepada CATER, sehingga dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Punishment atau hukuman pada CATER yang melakukan kesalahan yang berupa denda, apabila petugas CATER mengulangi kesalahan untuk kedua kalinya maka harus membuat surat pernyataan. Dan akan diberhentikan apabila telah diberi peringatan sebanyak dua kali masih juga melakukan kesalahan. Upaya hokum yang dilakukan pelanggan yang dirugikan tersebut antara lain dapat menggugat berdasarkan pengadilan yang berada dilingkungan peradilan umum atau diluar pengadilan melalui Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) (pasal 45 dan pasal 49 ayat 1). Penyelesaian sengketa ini tidak menutup kemungkinan penyelesaian secara damai oleh para pihak yang bersengketa. Dengan diberlakukannya Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen diharapkan dapat melindungi konsumen terhadap kegiatan pelaku usaha khususnya PT.PLN untuk meningkatkan loyalitasd kerja bagi CATER sehingga tidak ada lagi kesalahan pembacaan meter.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Law > Th. 2002 > Even Semester
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:37
Last Modified: 16 Nov 2016 07:37
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/3017

Actions (login required)

View Item View Item