IMPLEMENTASI ALGORITMA PARTICLE SWARM OPTIMIZATION UNTUK PENENTUAN POSISI STRATEGIS AGENT PADA SIMULASI ROBOT SEPAK BOLA DUA DIMENSI

Hermawan, Galih (2015) IMPLEMENTASI ALGORITMA PARTICLE SWARM OPTIMIZATION UNTUK PENENTUAN POSISI STRATEGIS AGENT PADA SIMULASI ROBOT SEPAK BOLA DUA DIMENSI. KOMPUTA - Jurnal Komputer & Informatika, 1 (2).

[img] UNSPECIFIED
9-komputa-1-2-particle-swarm-optimization-robot-sepak-bola-galih.pdf

Download (699kB)
Official URL: http://komputa.if.unikom.ac.id/jurnal/implementasi...

Abstract

Robot sepak bola merupakan perpaduan antara olah raga, teknologi robotika, dan multi agent system. Untuk mencapai tujuan, selain membutuhkan kecerdasan individu, juga menuntut kemampuan kerja sama antar individu. Posisi robot ketika bermain mempengaruhi kemampuan robot dalam bekerja sama dan memilih aksi yang sesuai. Dalam tulisan ini akan disajikan hasil penelitian kami dalam penerapan algoritma particle swarm optimization (PSO) untuk menentukan posisi robot ketika bermain sepak bola. Hasil pengujian pada simulasi RoboCup Soccer dua dimensi menunjukkan bahwa tim robot sepak bola yang menggunakan algoritma PSO memiliki performa bermain lebih baik ketimbang tim sebelum menggunakan algoritma PSO.

Item Type: Article
Subjects: Jurnal Tercetak > KOMPUTA - Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 28 Nov 2016 07:54
Last Modified: 28 Nov 2016 07:54
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/30248

Actions (login required)

View Item View Item