IMPLEMENTASI SERVICE-ORIENTED ARCHITECTURE MENGGUNAKAN TEKNOLOGI WEB SERVICE UNTUK APLIKASI PENDATAAN PDTA SE-KOTA PEKANBARU

Hilmawan, Ridho and Iskandar, Iwan (2015) IMPLEMENTASI SERVICE-ORIENTED ARCHITECTURE MENGGUNAKAN TEKNOLOGI WEB SERVICE UNTUK APLIKASI PENDATAAN PDTA SE-KOTA PEKANBARU. KOMPUTA - Jurnal Komputer & Informatika, 3 (1).

[img] UNSPECIFIED
3.1.3.2014-1-8-2089-9033.pdf

Download (473kB)
Official URL: http://komputa.if.unikom.ac.id/jurnal/implementasi...

Abstract

Pada saat ini Kementerian Agama kota Pekanbaru masih menerapkan proses manual terhadap pendataan PDTA (Pendidikan Diniyah Ta�miliyah Awaliyah) se-kota Pekanbaru. Proses pengumpulan data menggunakan dokumen excel yang disebarkan ke setiap PDTA dan mengumpulkan kembali dokumen excel tersebut dalam batas waktu yang ditentukan. Proses penghimpunan kembali dokumen tersebut membutuhkan waktu yang lama. Data PDTA yang terkumpul akan diolah menjadi data statistik, namun data tersebut tidak dapat ditampilkan secara realtime. Pada penelitian ini diimplementasikan metode Service Oriented Architecture (SOA) menggunakan teknologi web service untuk menerapkan suatu sistem yang berbasiskan integrasi data. Penelitian ini menggunakan metodologi Design Science Research (DSR) yang memfokuskan pada pengembangan dan peningkatan kinerja model/desain dari sebuah sistem. Penerapan SOA menggunakan teknologi web service dilakukan dengan menghubungkan aplikasi Pendataan Kemenag dan beberapa aplikasi PDTA. Dari uji coba aplikasi berbasis SOA, beberapa instansi memperoleh keuntungan diantaranya proses penghimpunan data PDTA dapat dilakukan setiap saat tanpa terikat pada waktu tertentu. Selain itu, PDTA dapat memanfaatkan proses bisnis yang dimiliki Kemenag kedalam proses bisnis yang dimiliki PDTA seperti proses penghimpunan data PNS Kemenag.

Item Type: Article
Subjects: Jurnal Tercetak > KOMPUTA - Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 28 Nov 2016 08:01
Last Modified: 28 Nov 2016 08:01
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/30285

Actions (login required)

View Item View Item