LEARNING BAYESIAN NETWORK PADA GAME SPORT PINGPONG

Azaria Nurhalim Putra, Prama and Nelly Indriani Widiastuti (2016) LEARNING BAYESIAN NETWORK PADA GAME SPORT PINGPONG. KOMPUTA - Jurnal Komputer & Informatika, 3 (2).

[img] UNSPECIFIED
5.3.2.10.2014-80-85-2089-9033.pdf

Download (542kB)
Official URL: http://komputa.if.unikom.ac.id/jurnal/learning-bay...

Abstract

Game pingpong adalah salah satu game yang membutuhkan Non-Playable Character atau NPC. NPC yang menjadi musuh dalam permainan pingpong harus dapat memodelkan seorang pemain pingpong yang menerima dan melakukan serangan terhadap seorang player dengan tingkat akurasi atau kesesuaian arah pukulan yang sesuai dengan player. Berdasarkan hal tersebut, maka dibutuhkan sebuah metode untuk NPC agar dapat menentukan behaviour sehingga NPC menjadi lebih baik dengan akurasi serangan yang baik. Bayesian Network merupakan salah satu kecerdasan buatan yang digunakan untuk mengatasi hal � hal yang bersifat tidak pasti atau uncertainty. setiap node yang ada pada sebuah graph yang merepresentasikan sebuah random variable (variabel acak) , sedangkan edges (garis yang menghubungkan antar node) yang berada diantara node � node merepresentasikan probilitas dependensi antara kesesuaian variabel � variabel acak[1]. Hasil pengujian implementasi pada game pingpong penggunaan Bayesian Network pada permainan pingpong terbukti efektif membuat NPC memiliki tingkat akurasi pukulan yang tinggi

Item Type: Article
Subjects: Jurnal Tercetak > KOMPUTA - Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 28 Nov 2016 08:02
Last Modified: 28 Nov 2016 08:02
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/30290

Actions (login required)

View Item View Item