Dwi Santy, Raeni and Ihsan Izharuddin Adhipratama, Muhammad (2013) DISPLAY TOKO , GAYA HIDUP DAN PEMBELIAN IMPULSIF (Penelitian Pada Konsumen Surf Inc Bandung). Majalah Ilmiah UNIKOM, Volume. ISSN 1411-9374
|
UNSPECIFIED
07-miu-11-1-raeni.pdf - Published Version Download (756kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada konsumen Surf Inc Bandung. Fenomena yang ter-jadi adalah semakin berkembangnya usaha ritel salah satunya berbentuk distro, banyak strategi yang dilakukan untuk menarik konsumen melakukan pembelian impulsif, seperti merubah display toko, menambah fasilitas yang lebih menye-nangkan bagi konsumen, membuat sebuah komunitas distro, agar gaya hidup distro dapat memicu pembelian. Namun Surf Inc kurang memperhatikan hal itu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh display toko dan gaya hidup terhadap pembelian impulsif pada konsumen Surf Inc Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuan-titatif.Unit analisis dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pem-belian di Surf Inc Bandung yang berjumlah 519 dengan sampel sebanyak 100 responden. Pengujian statistik yang digunakan adalah perhitungan korelasi pearson, analisis regresi, korelasi, koefisien determinasi, uji hipotesis, dan juga menggunakan bantuan program aplikasi SPSS 17.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelian impulsif di Surf Inc Bandung secara keseluruhan termasuk dalam kriteria baik, namun indikator display toko yaitu windows display, dan exterior display menunujukkan kriteria kurang baik karena kurangnya memperhatikan penyusunan dan kerapihan barang yang di-pasang di depan toko, juga kejelasan papan nama distro. Sedangkan untuk vari-abel gaya hidup termasuk dalam kategori baik. Namun untuk indikator activities termasuk dalam kategori tidak terlalu baik, hal ini dikarenakan fasilitas yang disediakan kurang memadai, kemudian tidak adanya komunitas distro Surf Inc sehingga konsumen tidak ingin nongkrong di Surf Inc Bandug. Pengaruh display toko dan gaya hidup berdampak positif dan signifikan terhadap pembelian im-pulsif pada konsumen Surf Inc Bandung. Kemudian dampak secara simultan lebih besar daripada secara parsial. Hal ini berarti display toko dan gaya hidup mampu membangkitkan konsumen untuk melakukan pembelian tak terencana.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | display toko, gaya hidup, pembelian impulsif. |
Subjects: | Jurnal Tercetak > Majalah Ilmiah UNIKOM |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Direktorat > Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 30 Nov 2016 09:18 |
Last Modified: | 30 Nov 2016 09:18 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/30379 |
Actions (login required)
View Item |