PEMANFAATAN SENSOR PERCEPATAN DAN GYROSCOPE UNTUK MENENTUKAN TRAJECTORY ROKET MENGGUNAKAN INERTIAL NAVIGATION SYSTEM(INS)

Kurniawan st m kom, Bobi (2013) PEMANFAATAN SENSOR PERCEPATAN DAN GYROSCOPE UNTUK MENENTUKAN TRAJECTORY ROKET MENGGUNAKAN INERTIAL NAVIGATION SYSTEM(INS). Majalah Ilmiah UNIKOM, Volume. ISSN 1411-9374

[img]
Preview
UNSPECIFIED
04-miu-11-2-bobi.pdf - Published Version

Download (810kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.unikom.ac.id/jurnal/pemanfaatan-sens...

Abstract

Dalam pembentukan sebuah trajektori roket digunakan metode Inertial Navigation System (INS), untuk mengoreksi percepatan linier yang terukur terhadap kemiringan sudut. Untuk mengatasi timbulnya random noise maka digunakan filter digital mechanical filtering window dan moving average yang terbukti dapat mengatasi noise mekanik. Untuk mengkonversikan percepatan menjadi sebuah posisi dan kecepatan sudut menjadi sudut digunakan integral trapezoidal. Dengan menggunakan metode-metode di atas sistem yang dibuat mampu membentuk trajectory dengan akurasi jarak terbentuk 85cm dari dari jarak asli sejauh 90cm.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: inertial navigation system (ins), mechanical filtering window, moving average, integral trapezoidal, trajektori.
Subjects: Jurnal Tercetak > Majalah Ilmiah UNIKOM
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Direktorat > Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 30 Nov 2016 09:19
Last Modified: 30 Nov 2016 09:19
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/30389

Actions (login required)

View Item View Item