Supriyati, S and Puti Purfini, Apriani and Dwi Yulianto, Hery (2015) MODEL PENGEMBANGAN ENTERPRISE GOOD CORPORATE GOVERNANCE UMKM PRODUK KREATIF MENUJU KOTA EKONOMI KREATIF DAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL DI WILAYAH KOTA BANDUNG. Majalah Ilmiah UNIKOM, Volume. ISSN 1411-9374
|
UNSPECIFIED
5.miu-13-no-2-supriyati.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
SUPRIYATI, HERY DWI YULIANTO, APRIANI PUTI PURFINI Program Studi Komputerisasi Akuntansi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia Produk kreatif memiliki potensi besar untuk dapat mengantarkan kota yang mempunyai industri tersebut menjadi kota ekonomi kreatif maju dan mandiri. Pemanfaatan teknologi informasi untuk manajemen sumber daya usaha produk keatif masih kurang terperhatikan, yang pada gilirannya terdapat kelemahan administratif, finansial, proses, akses ke perbankan dan lembaga keuangan. Tata kelola manajemen yang baik sering menjadi kendala dalam hal efisiensi dan efektivitas bagi produk kreatif yang tidak efisien akan mendatangkan kom-ponen biaya yang cukup tinggi. Melihat kajian yang mendalam mengenai good corporate governance diharapkan dapat diterapkan untuk menunjang pertum-buhan produk kreatif. Dengan model pengembangan yang tepat akan dapat menciptakan peningkatan pendapatan dan kesejahteraan para pelaku usaha kecil produk kreatif guna menciptakan enterpreneur muda mandiri, kreatif, transparansi dan akuntabel yang pada gilirannya dapat membantu dalam upaya menciptakan lapangan kerja dan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah. Dalam penelitian ini dilaksanakan dengan beberapa pendekatan yaitu pendeka-tan lapangan, pendekatan instansional dan pendekatan kepustakaan. Metode penelitian menggunakan teori induktif karena berdasarkan dari fenomena yang yang terjadi dan dirujuk kearah teori. Jenis data yang dikumpulkan untuk diana-lisis terdiri atas data primer dan data sekunder. Penelitian ini diharapkan teri-dentifikasinya jenis komoditi apa saja yang dimiliki UMKM produk kreatif sehing-ga berpotensi ekspor atau menuju perdagangan internasional. Teridentifi-kasinya sumber daya value added dan non value added apa sajakah yang ada pada UMKM produk kreatif. Pemahaman, sikap dan perilaku pelaku industri kreatif dalam mengembangkan usahanya menjadi optimal dan memiliki daya saing dilihat dari sisi Investor.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | good corporate governance, umkm produk kreatif, ekspor |
Subjects: | Jurnal Tercetak > Majalah Ilmiah UNIKOM |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Direktorat > Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | Supriyati |
Date Deposited: | 30 Nov 2016 09:25 |
Last Modified: | 28 Aug 2017 07:48 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/30445 |
Actions (login required)
View Item |