Soegoto, Herman (2011) PENGARUH NILAI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PRIORITAS. Majalah Ilmiah UNIKOM, Volume. ISSN 1411-9374
|
UNSPECIFIED
volume-72-artikel-12.pdf - Published Version Download (398kB) | Preview |
Abstract
Memiliki nasabah yang loyal adalah harapan setiap manajemen bank, hal ini karena loyalitas nasabah akan membuat bank mampu bertahan bahkan dapat meningkatkan keuntungan dari bank tersebut. Berbagai usaha dilakukan oleh pihak bank untuk menarik nasabah baru dan menjaga loyalitas dari nasabah yang sudah ada. Salah satu bentuk pelayanan yang diberikan adalah melalui peningkatan nilai dan kepercayaan terhadap nasabah prioritas. Nasabah prioritas ini walaupun jumlahnya sedikit namun jumlah dana mereka yang tersimpan di bank cukup besar. Sehingga nasabah prioritas tersebut diberi pelayanan khusus untuk memberikan nilai tambah dibandingkan dengan nasabah biasa dan juga tingkat kepercayaan nasabah terhadap bank tersebut terus dijaga agar nasabah prioritas ini tidak berpindah ke bank pesaing. Walau berbagai usaha sudah dilakukan pihak bank namun kenyataannya masih terjadi capability gap antara harapan nasabah dan pelayanan yang diperoleh. Artinya pada sebagian bank, nasabah merasa bahwa tidak ada bedanya antara menjadi nasabah prioritas dengan nasabah biasa dan juga kenyataannya loyalitas nasabah kaya masih diragukan karena berdasarkan penelitian yang ada, nasabah bank di Indonesia sebenarnya sangat puas dengan pelayanan bank tetapi mereka tetap mau pindah ke bank lain jika ada penawaran yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk: mendapatkan hasil kajian mengenai Pengaruh Nilai dan Kepercayaan terhadap Loyalitas nasabah prioritas. Unit analisis penelitian ini adalah 217 responden nasabah prioritas dari empat bank umum nasional yang beroperasi di DKI Jakarta dan Bandung, yang diambil secara proportional systematic sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara dan pendistribusian daftar pertanyaan, kemudian diproses dengan menggunakan SPSS versi 12 untuk menguji validitas dan reliabilitas. Untuk memverifikasi di dalam menjawab hipotesis penelitian digunakan analisis structural equation model (SEM) dengan menggunakan LISREL 8.3. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan pencapaian nilai, kepercayaan dan loyalitas dari nasabah prioritas pada ke empat bank yang disurvei. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa nilai dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan loyalitas nasabah prioritas.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengaruh nilai dan kepercayaan terhadap loyalitas nasabah prioritas |
Subjects: | Jurnal Tercetak > Majalah Ilmiah UNIKOM |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Direktorat > Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 30 Nov 2016 09:31 |
Last Modified: | 30 Nov 2016 09:31 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/30498 |
Actions (login required)
View Item |