KEBIJAKAN E-WASTE MANAGEMENT PADA PERGURUAN TINGGI BERBASIS ICT: SUATU TINJAUAN PERSPEKTIFGREEN THOUGHT DAN HUKUM LINGKUNGAN (STUDI KASUS UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA 2007-2011)

Octa Putri Dan Febilita Wulan Sari, Sylvia (2014) KEBIJAKAN E-WASTE MANAGEMENT PADA PERGURUAN TINGGI BERBASIS ICT: SUATU TINJAUAN PERSPEKTIFGREEN THOUGHT DAN HUKUM LINGKUNGAN (STUDI KASUS UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA 2007-2011). JIPSI - Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi UNIKOM, Vol.03. ISSN 2086 – 1109

[img]
Preview
Text
6-jipsi-unikom.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
Official URL: http://jipsi.fisip.unikom.ac.id/jurnal/kebijakan-e...

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Kebijakan E-Waste Management Pada Perguruan Tinggi Berbasis ICT : Suatu Tinjauan Perspektif Green Thought dan Hukum Lingkungan (Studi Kasus Universitas Komputer Indonesia 2007-2011). Sebagai perguruan tinggi berbasis ICT, Unikom yang berdiri pada tahun 2000 berkomitmen dalam visi dan misinya menjadi perguruan tinggi terdepan dalam bidang ICT, dan ini tentunya diadaptasi dengan berbagai fasilitas elektronik yang menunjang Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM). Dalam perkembangan teknologi yang sedemikian pesat ini tentunya Unikom juga menyesuaikan berbagai kebutuhan perangkat elektronik dalam menunjang kegiatan KBM, dan dalam proses ini potensi e-waste yang dihasilkan tentunya membutuhkan pengelolaan yang baik. Hal ini didasarkan pada tanggung jawab sosial, dimana persoalan e-waste bukan hanya tanggung jawab kelompok tertentu akan tetapi merupakan tanggung jawab setiap orang, termasuk individu dan perguruan tinggi berbasis ICT yang berhubungan langsung dengan pemakaian peralatan elektronik tersebut. Permasalahannya adalah Bagaimana Kebijakan E-Waste Management di UNIKOM sebagai Perguruan Tinggi Berbasis ICT ditinjau dari Perspektif Green Thought dan Hukum Lingkungan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah perspektif Green Thought, yang menuntut perubahan-perubahan radikal (mendasar) dalam hal organisasi sosio-politik serta menekankan pentingnya hubungan manusia dengan lingkungan. Selain itu pendekatan yuridis normatif (hukum) yaitu menafsirkan kata-kata dari peraturan perundang-undangan yang relevan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui studi literature dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa Unikom berpotensi dalam menghasilkan e-waste dalam kurun waktu tertentu. Unikom belum memiliki kebijakan internal yang bersifat khusus mengenai e-waste, namun serangkaian kegiatan dan aktivitas dalam bidang akademik dan administrasi perkantoran telah menunjukkan adanya manajemen pengelolaan e-waste yaitu dengan danya Mata Kuliah Hardware yang wajib diikuti oleh para mahasiswa. Pengelolaan e-waste di Unikom dilakukan melalui dua tahap yaitu tahap pertama, pengelolaan peralatan yang mengalami kerusakan atau masalah teknis. Kedua, Up Grade peralatan berkenaan dengan perkembangan teknologi dan Ketiga, pengadaan Mata Kuliah Hardware yang secara tidak langsung merupakan manajemen pengelolaan e-waste.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: e-waste, elektronik, limbah, lingkungan hidup, unikom
Subjects: Jurnal Tercetak > JIPSI - Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi UNIKOM
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 06 Dec 2016 02:47
Last Modified: 06 Dec 2016 02:47
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/30681

Actions (login required)

View Item View Item