PEMODELAN KUALITAS PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR PELAYANAN PERIZINAN TERPADU (KPPT) KOTA CIMAHI

Rohayatin Agustina Setiawan, Titin (2015) PEMODELAN KUALITAS PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR PELAYANAN PERIZINAN TERPADU (KPPT) KOTA CIMAHI. JIPSI - Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi UNIKOM, Vol.05. ISSN 2086 – 1109

[img]
Preview
Text
titin-rohayatin-agustina-setiawan.pdf - Published Version

Download (717kB) | Preview
Official URL: http://jipsi.fisip.unikom.ac.id/jurnal/pemodelan-k...

Abstract

KPPT Cimahi dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dapat dikatakan belum optimal hal ini terlihat dari rendahnya kualitas aparatur dalam mengkomunikasikan kebijakan, terbatasnya sarana dan media yang dimiliki, iklim komunikasi yang belum menunjang terhadap kualitas pelayanan publik, masih terdapatnya penyakit birokrasi serta informasi dan pesan yang disampaikan oleh aparat KPPT kurang terserap. Tujuan penelitian adalah untuk menggambarkan pelaksanaan, hambatan, upaya dan membuat model kualitas penyelenggaraan pelayanan publik di KPPT Cimahi. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka dan studi lapangan yaitu melalui observasi dan wawancara mendalam. Teknik penentuan informan menggunakan Purposive. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik dapat diinterpretasikan kurang baik, ini terlihat dari minimnya sarana dan prasarana yang dimiliki serta peralatan dan perlengkapan yang belum memadai, sehingga dapat berakibat terlambatnya proses pelayanan kepada masyarakat. Kurang tanggapnya aparat kepada persoalan yang dihadapi masyarakat perlu menjadi perhatian dan segera di atasi supaya proses pelayanan dapat optimal. Kedepannya ini lebih diperhatikan supaya proses pelayanan berjalan dengan baik. Sedangkan dimensi emphaty dapat dikatakan cukup baik, dengan cukup baiknya hal ini diharapkan proses pelayanan dapat berjalan dengan optimal. Hambatan dalam pelaksanaan pelayanan publik antara lain masih rendahnya kualitas sumber daya manusia, masih minimnya sarana dan prasarana penunjang dalam pelayanan publik. Upaya yang dilakukan KPPT Kota Cimahi adalah pelatihan terhadap sumber daya manusia, pengajuan sarana dan prasarana pendukung. Terbentuknya model kualitas pelayanan publik yaitu model terpisah, model sistem pelayanan satu atap, dan model pelayanan satu pintu.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: model, kualitas pelayanan publik
Subjects: Jurnal Tercetak > JIPSI - Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi UNIKOM
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 06 Dec 2016 02:50
Last Modified: 06 Dec 2016 02:50
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/30711

Actions (login required)

View Item View Item