Perancangan Sistem Pengaturan Suhu Pada Mesin Sangrai Kopi Berbasis Logika Fuzzy

Budi Utomo, Satryo and Agung P N, Moh. and , Sumardi (2015) Perancangan Sistem Pengaturan Suhu Pada Mesin Sangrai Kopi Berbasis Logika Fuzzy. Prosiding SAINTIKS FTIK UNIKOM, Vol.1 (1).

[img]
Preview
Text
iii-13-satryo-budi-utomo-perancangan-sistem-pengaturan-suhu-pada-mesin-sangrai-kopi-berbasis-logika-fuzzy.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://prosiding-saintiks.ftik.unikom.ac.id/jurnal...

Abstract

Abstrak- Kabupaten Bondowoso merupakan daerah penghasil kopi. Jenis yang terkenal dengan aroma khasnya adalah kopi Arabika dan Kopi Robusta. Dalam proses penyangraian biji kopi diperlukan suhu yang sesuai, untuk menghasilkan kualitas rasa dan aroma pada minuman kopi. Saat ini pengaturan suhu pada proses penyangraian biji kopi dilakukan secara manual dan pengapian yang konstan, sehingga membutuhkan waktu yang lama sekitar 1,5 - 2 jam dalam sekali proses penyangraian.Untuk Mengatasi permasalahan tersebut dirancang sebuah sistem pengaturan suhu otomatis dengan melakukan pengendalian pengapian pada mesin sangrai kopi sehingga waktu yang dibutuhkan lebih cepat dan efisien dengan menerapkan sistem kendali fuzzy. Metode fuzzy yang digunakan adalah metode Sugeno dengan masukan error suhu dan � error suhu. Hasil Pengujian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kalibrasi sensor suhu yang digunakan memiliki error sebesar 1,95 % terhadap termometer suhu sesungguhnya. Aksi kendali yang dihasilkan berupa pegerakan aktuator untuk mengatur katup gas elpiji yang merupakan bahan bakar dari tungku penyangrai. Dengan menerapkan Logika Fuzzy maka waktu penyangraian pada percobaan kopi Robusta adalah 30,216 menit, dan pada percobaan kopi Arabika adalah 36,9 menit.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kopi arabika, kopi robusta , logika fuzzy
Subjects: Jurnal Tercetak > Prosiding SAINTIKS FTIK UNIKOM
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 14 Dec 2016 06:48
Last Modified: 14 Dec 2016 06:59
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/30729

Actions (login required)

View Item View Item