Pembangunan Aplikasi Multimedia Pengenalan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Tatanan Sekolah Dengan Metode Pembelajaran Interaktif (Studi Kasus Di Pemerintahan Kota Cimahi)

Baihaqi, Zanuarrahmanu (2015) Pembangunan Aplikasi Multimedia Pengenalan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Tatanan Sekolah Dengan Metode Pembelajaran Interaktif (Studi Kasus Di Pemerintahan Kota Cimahi). Prosiding SAINTIKS FTIK UNIKOM, Vol.1 (1).

[img]
Preview
Text
i-9-zanuarrahmanu-baihaqi-pembangunan-aplikasi-multimedia-pengenalan-perilaku-hidup-bersih-dan-sehat.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://prosiding-saintiks.ftik.unikom.ac.id/jurnal...

Abstract

Aplikasi Multimedia Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Tatanan Sekolah merupakan suatu teknologi yang bertujuna dan berguna untuk melakukan kegiatan sosialisasi dengan cara yang lebih efektif dan dapat menambah wawasan pengguna tentang PHBS Tatanan Sekolah. Pembangunan aplikasi multimedia ini menggunakan metode pembangunan aplikasi multimedia menurut Sutopo yang dilengkapi dengan metode pembelajaran interaktif yang didalamnya terdapat CAI (Computer Assisted Instruction). Terdapat 4 fitur utama dalam aplikasi ini yaitu materi yang terdiri dari 14 pembahasan (sesuai indikator PHBS Tatanan Sekolah), evaluasi berupa tes pengetahuan tentunya sesuai materi yang disampaikan menggunakan aplikasi, permainan serta simulasi. Pengujian aplikasi dilakukan dengan menggunakan blackbox, wawancara serta kuisioner. Berdasarkan dari hasil penelitian dan pengujian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang dibangun telah menjadi suatu media sosialiasi yang interaktif, ketersediaan media untuk sosialisasi bagi Dinas Kesehatan Kota Cimahi (yang masih dalam naungan Pemerintah Kota Cimahi) telah terpenuhi dan pengetahuan pengguna tentang PHBS Tatanan Sekolah bertambah setelah menggunakan aplikasi yang dibangun.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: phbs tatanan sekolah, pemerintah kota cimahi, konvensional, sosialisasi, interaktif
Subjects: Jurnal Tercetak > Prosiding SAINTIKS FTIK UNIKOM
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 14 Dec 2016 06:49
Last Modified: 14 Dec 2016 06:59
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/30734

Actions (login required)

View Item View Item