Zuliyanata, Nanin (2002) APLIKASI QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DALAM MENINGKATKAN PERBAIKAN DAN PENYEMPURNAAN PELAYANAN JASA PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN DI JURUSAN TEKNIK INDUSTRI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG.
Full text not available from this repository.Abstract
Untuk menjawab tuntutan konsumen dan persaingan yang semakin ketat maka mendorong pihak jurusan Teknik Industri UMM untuk semakin memperhatikan kualitas pelayannya. Salah satu Pengertian kualitas adalah usaha untuk mengetahui dan memenuhi semaksimal mungkin setiap kebutuhan konsumen dalam hal ini mahasiswa. Maka untuk meningkatkan pelayanan harus berorientasi pada mahasiswa. Jurusan Teknik Industri UMM selama ini telah menjalankan fungsi dan tugasnya cukup baik, akan tetapi akhir-akhir ini terjadi keluhan-keluhan dari mahasiswa,sehingga perlu diketahui penyebabnya. Disamping itu untuk mengevaluasi metode pelayanan yang selama ini digunakan pihak jurusan Teknik Industri UMM. Maka untuk menjawab permasalahan kualitas tersebut adalah dilakukan analisa dengan metode aplikasi Quality Function Deplyment dimana berorientasi pada keinginan konsumen. Quality Function Deplyment merupakan salah satu cara atau alat analisa kebutuhan konsumen dalam merancang suatu produk atau jasa dengan spesifikasi keinginan kosumen. Aplikasinya pada perencanaan (perancangan) langkah-langkah (metode) pelayanan jasa pendidikan ini akan terasa dari hasil analisa yang mendalam dari setiap perkataan mahasiswa yang semua ditabelkan dalam Voice Of Customer (VOCT). Hasil penyebaran kuisioner yang menunjukkan data tingkat kepentingan tiap kebutuhan (atribut) dan kinerja dari pihak intern dan pihak pesaing. Selain itu juga bermanfaat dalam pengelompokan sekian banyak kegiatan yang dilakukan oleh pihak jurusan Teknik Industri saat pembuatan diagram affinitas. Adanya benchmarking dalam metode ini memungkinkan analisis sistem untuk merancang produk atau jasa sesuai dengan tingkat kepentingan setiap kebutuhan mahasiswa serta tingkat persaingan dari jenis jurusan Teknik Industri yang setara seperti Teknik Industri ITN dan Teknik Industri UNMER. Dari hasil analisa dapat diketahui bahwa atribut yang memperoleh prioritas utama bagi mahasiswa adalah atribut materi kuliah mudah dipahami dan dimengerti oleh mahasiswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Industrial Engineering > 2002 > Even Semester |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:38 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:38 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/3125 |
Actions (login required)
View Item |