Wulan Suciarti, R (2002) PERBEDAAN KREATIVITAS SISWA SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI KEIKUTSERTAAN BELAJAR ALAT MUSIK SEJAK USIA LIMA TAHUN.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemajuan suatu bangsa sangat bergantung pada rakyatnya yang memiliki ide dan kemampuan berfikir kreatif. Ide dan kreativitas itu selalu tumbuh dan berkembang apabila dipupuk sedini mungkin. Musik adalah salah satu media yang dapat digunakan. Siswa yang belajar alat musik menjadi lebih kreatif bila dibandingkan dengan siswa yang tidak belajar alat musik, hal ini disebabkan karena musik lebih cepat merangsang perkembangan otak dan mampu menyelaraskan kedua belahan otakPenelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatif dengan menggunakan variabel bebas: keikutsertaan belajar alat musik dan variabel terikat: kreativitas. Tujuan dari penelitian ini untuk menilai secara metodologis dan empiris perbedaan kreativitas siswa SD yang ikut serta belajar alat musik sejak usia lima tahun dan siswa yang tidak belajar alat musik.Subyek yang digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 orang, yang duduk dikelas 4 hingga 6 SD. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kreativitas verbal dan figural. Analisa data yang digunakan adalah t-tes.Dari hasil penelitian diperoleh hasil x= 9.971, p= 0,000 yang berarti ada perbedaan kreativitas yang sangat signifikan antara siswa yang ikut serta belajar alat musik sejak usia lima tahun dengan siswa yang tidak belajar alat musik.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Psychology > 2002 > Event Semester |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:38 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:38 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/3233 |
Actions (login required)
View Item |