Mahmudi, Imam (2002) PENGARUH GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PONSEL MEREK NOKIAPADA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI I JEMBER.
Full text not available from this repository.Abstract
Kebutuhan ponsel pada anak muda sudah mengarah pada gaya hidup yang selanjutnya akan menentukan pilihan-pilihan konsumsinya yang kemudian akan menjadikan seseorang berubah menjadi konsumtif, karena pada dasarnya gaya hidup adalah bagaimana seseorang menghabiskan waktu dan uangnya. Kini ponsel telah menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari bagi sebagian anak muda dan remaja termasuk murid-murid pada MAN I Jember. Perubahan gaya hidup pelajar dalam menggunakan ponsel merek Nokia tersebut di atas, telah mendorong peneliti untuk melakukan penelitian ini dengan judul “Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Ponsel Merek Nokia Pada Madarasah Aliyah Negeri I Jember”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian ponsel merek Nokia pada siswa Madrasah Aliyah Negeri I Jember.Hipotesis dalam penelitian ini adalah faktor gaya hidup berpengaruh terhadap keputusan pembelian ponsel merek Nokia pada siswa Madrasah Aliyah Negeri I Jember.Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda dengan rumus Y= a b1 X1 b2 X2 b3 X3 dan untuk mengetahui tingkat kevalitan atau kesahihan instrumen dengan menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi produk moment dan untuk mengetahui alat ukur dapat dipercaya dengan menggunakan rumus split half, apakah gaya hidup berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan menggunakan uji F secara simultan dan uji t secara parsial dengan kriteria apabila hitung > tabel maka ada pengaruh yang positif antara variabel X terhadap Y.Hasil yang diperoleh berdasarkan analisis regresi berganda yaituY= 17.692 0.158X1 0.512X2 0.07297X3, diperoleh nilai kefisien korelasi sebesar 0.887, koefisien determinasi sebesar 78.7%. Pengujian secara simultan dengan uji F menunjukkan bahwa besarnya nilai F-hitung 130.421, dengan tingkat signifikan 5 % (0.05) dan derajat bebas 1 (k) = 3, derajat bebas 2 (n-k-1) = 106 diperoleh nilai F-tabel sebesar 2.70 dengan demikian nilai F-hitung > F-tabel, dan pengujian secara parsial dengan uji t diperoleh nilai hitung untuk X1=5.643, X2=6.737, X3=3.173, dengan tingkat signifikan 5 % (0.05) dan derajat bebas n-1=109 diperoleh nilai t tabel untuk uji dua sisi sebesar 2.000 dengan demikian nilai t hitung > t tabel Dari hasil analisis tersebut regresi berganda tersebut, sesuai dengan alat uji yang digunakan, maka dapat diketahui faktor gaya hidup yang meliputi variabel aktivitas, minat dan pendapat berpengaruh terhadap keputusan pembelian ponsel Nokia, dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini terbukti. Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis mengimplikasikan bahwa sebaiknya pihak produsen ponsel Nokia mempertimbangkan bahwa faktor gaya hidup berpengaruh terhadap proses pembelian.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Management > 2002 > Even Semester |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:38 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:38 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/3301 |
Actions (login required)
View Item |