M and Kurniawan, Shofig (2002) ANALISIS SEGMENTASI PASAR PRODUK SABUN MANDIDI DESA SUMBERREJO KECAMATAN SUMBERREJOKABUPATEN BOJONEGORO(Studi pada Sabun Mandi Merk Lifebuoy dan Nuvo.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Survey, yaitu penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok dimana data-data tersebut dianalisis dan ditafsirkan untuk diambil suatu keputusan. Dari penelitian ini nantinya dapat digunakan oleh perusahaan sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil kebijaksanaan dalam rangka meningkatkan jumlah penjualan produknya, dengan judul “Analisis Segmentasi Pasar Produk Sabun Mandi Di Desa Sumberrejo Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro (Studi Pada Sabun Mandi Merek Lifebuoy Dan Nuvo)”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui segmentasi pasar produk sabun mandi Lifebuoy dan sabun mandi Nuvo di Desa Sumberrejo Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan analisis cluster. Hasil penelitian terbagi menjadi tiga cluster yaitu untuk sabun mandi Lifebuoy, cluster satu terdiri dari 20 responden dengan karakteristik yaitu pekerjaan sebagai pegawai negeri/BUMN, wiraswasta dan petani, status telah menikah, pendapatan antara kurang dari Rp. 500.000,- s/d Rp. 1.000.000,-, berpendidikan SLTP dan SLTA, dan berada dalam rentang usia 26-45 tahun. Cluster dua terdiri dari 19 responden, adapun karakteristiknya adalah pekerjaan sebagai pegawai negeri/BUMN, wiraswasta dan petani, status telah menikah, memiliki pendapatan antara kurang dariRp. 500.000,00 s/d Rp. 1.000.000,00, berpendidikan SLTP dan SLTA, dan berusia antara 26-45 tahun. Cluster tiga terdiri dari 11 responden, adapun karakteristiknya adalah pekerjaan sebagai pegawai negeri/BUMN, wiraswasta dan petani, status telah menikah, mempunyai pendapatan kurang dari Rp. 500.000,00 s/d Rp. 1.000.000,00, berpendidikan SLTP dan SLTA, dan berada dalam rentang usia 26-45 tahun. Untuk sabun mandi Nuvo, cluster satu terdiri dari 19 responden dengan karakteristik bekerja sebagai pegawai negeri/BUMN, wiraswasta dan petani, status telah menikah, dengan penghasilan antara kurang dari Rp. 500.000,00 s/d Rp. 1.000.000,00, berpendidikan SLTP dan SLTA, dan berada pada usia 26-45 tahun. Cluster dua terdiri dari 13 responden, adapun karakteristiknya adalah pekerjaan sebagai pegawai negeri/BUMN, wiraswasta dan petani, status telah menikah, mempunyai pendapatan antara kurang dari Rp. 500.000,00 s/d Rp. 1.000.000,00, berpendidikan SLTP dan SLTA, dan berusia antara 26-45 tahun. Cluster tiga terdiri dari 18 responden dengan karakteristik sebagai berikut ; pekerjaan sebagai pegawai negeri/BUMN, status telah menikah, berpendapatan antara kurang dari Rp. 500.000,00 s/d Rp. 1.000.000,00, berpendidikan SLTP dan SLTA, dan berada pada rentang usia 26-45 tahun. Kesimpulannya adalah dengan mengadakan penerapan strategi segmentasi pasar, maka perusahaan akan lebih memusatkan perhatiannya pada satu atau lebih segmen pasar yang telah dimasukinya agar nantinya perusahaan dapat memuaskan kebutuhan/keinginan segmen pasar tersebut secara lebih efektif dan efisien dari para pesaing. Dan tujuan akhir dari segmentasi pasar ini diharapkan akan dapat meningkatkan profit perusahaan dan perusahaan akan mampu bertahan untuk jangka panjang.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Management > 2002 > Even Semester |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:38 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:38 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/3314 |
Actions (login required)
View Item |