Khasanah, Nur (2002) Perbedaan Tingkat Kecemasan Klien Penderita Katarak Antara Yang Mendapat dan Tidak Motivasi Keluarga.
Full text not available from this repository.Abstract
Psikologis pasien yang terjadi dapat di sebabkan banyak hal yang salah satunya adalah kurangnya motivasi dalam keluarga mempunyaai pengaruh pengendalian kondisi psikologis klien. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan tingkat kecemasan klien penderita katarak antara yang mendapat motivasi dan tidak mendapat motivasi keluarga. Metode penelitian yang digunakan adalah diskriptif analitik. Sampel yang diambil adalah 10 orang, pengambilan sampel dengan cara accidental sampling, penelitian ini dilaksanakan di RSSA Malang. Pengumpulan data dimulai dari persiapan, pelaksanaan, dan pengambilan data. Dalam pengolahan data digunakan prosentase yang selanjutnya dianalisa dengan menggunakan uji Chi-Square kesesuaian. Dari hasil analisa didapatkan, bahwa pasien yang mendapat motivasi sebanyak 7 (70 %) orang, yang diberi motivasi mengalami cemas ringan sebanyak 3 (30%) orang, cemas sedang 2 (20%) orang, dan yang mengalami cemas berat 2 (20%). Sedangkan yang tidak diberi motivasi 3 (30%) orang seluruhnya mengalami panik. Dari hasil analisa yang didapatkan hasil X2 hitung >dari hasil X2 tabel. Sehingga keputusan analisis maka Ho ditolak dan Hi diterima ini berarti ada perbedaan tingkat kecemasan klien penderita katarak antara yang mendapat dan tidak mendapat motivasi keluarga .Saran keluarga memberikan motivasi yang positif untuk lebih meningkatkan pemberian motivasi kepada anggota keluarga penderita katarak
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Nursing > 2002 > Even Semester |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:38 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:38 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/3594 |
Actions (login required)
View Item |