Dastiana, Rianti (2012) Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Tamu Hotel Tirta Dahlia Cianjur. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemajuan teknologi Informasi telah membawa dampak luas khusunya dibidang organisasi dan bisnis. Dengan kemajuan teknologi dan informasi, kini proses data dan informasi merupakan bagian yang penting bagi bidang organisasi dan bisnis, khusunya di bagian hotel karena data yang dibutuhkan dandiperoleh dapat lebih cepat, akurat dan tepat waktu. Hotel Tirta Dahlia Cianjur merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa, yang menyediakan jasa penginapan dan pelayanan fasilitas di hotel Tirta Dahlia. Dalam sistem informasi yang terdapat pada hotel Tirta Dahlia Cianjur belum sepenuhnya berjalan dengan baik dan maksimal. Hal ini dapata dilihat dalam sistem yang sedang berjalan pada bagian receptionist masih dilakukan dengan cara mencatat dan belum terkompiterisasi, sehingga mengakibatkan kurang efektif dan efisien dalam pealayanannya sehingga dapat memperlambat proses pelayanan pada tamu hotel. Metode pengembangan sistem penyusunan skripsi ini menggunakan metode prototype. Karena dengan metode prototype, peneliti dan objek yang diteliti dapat saling berinteksi selama proses perancangan sistem. Adapun tahapan��tahapan yang diterapkan pada metode ini terdiri dari pengumpulan kebutuhan,membangun prototyping, evaluasi prototyping, mengkodekan sistem, menguji sistem, ealuasi sistem dan menggunakan sistem. Sedangkan dalam metode ini penilis menggunakan pendekatan berorientasi objek yang terdiri dari use case diagram, scenario use case, diagram activity, sequence diagram, class diagram, dan component diagram. Dan untuk implementasi dan perancangan program penulis menggunakan bahasa java netBeans dengan database SQLyog enterprise sebagai tampilan output pada aplikasi yang penulis buat. Dengan adanya sistem informasi pelayanan tamu hotel pada hotel ��Tirta Dahlia Cianjur�� yang terpusat pada pengolahan data hotel, data adminitrasi check-in maupun reservasi hotel akan sangat membantu guna mendukung kualitas dan aktifitas kerja untuk lebih unggul dalam suatu pelayanan public yang professional.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perancangan Sistem Informasi, Hotel Tirta Dahlia Cianjur, Pelayanan Tamu |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2012 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:38 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:38 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/3652 |
Actions (login required)
View Item |