Nur Sukoco, Bambang (2002) IDENTIFIKASI TINGKAT KECEMASAN KLIEN YANG DIOPNAME LEBIH DARI SATU MINGGU DI RUANG (A DAN D) BRSD KEPANJEN.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat kecemasan klien yang di rawat inap di Rumah Sakit, karena tingal di Rumah Sakit bukanlah suatu pengalaman yang menyenangkan, dimana klien harus mengikuti peraturan serta rutinitas ruangan. Kecemasan merupakan perasaan yang paling umum yang dialami oleh klien, yang disebabkan oleh berbagai macam sebab, seperti penyakit kronis, perawatan yang kurang menyenangkan, yang semua itu dapat berdampak pada proses penyembuhan penyakitnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kecemasan klien yang diopname lebih dari satu minggu di ruang (A dan D) BRSD Kepanjen. Desain penelitian yang digunakan adalah Deskriptif dengan jumlah sampel 20 responden. Cara pengambilan sampel adalah Accedental Sampling. Penelitian ini dilakukan di BRSD Kepanjen selama 2 hari dengan menyebarkan angket atau quisioner dan melakukan pemeriksaan TTV yang bersifat tertutup, jumlah soal pada quisioner sebanyak 15 soal dan masing-masing jawaban diberi skor, kemudian hasilnya dihitung dengan menggunakan rumus prosentase dan ratting scale. Dari hasil penelitian dan pengolahan data didapatkan dari skor tertinggi dari tingkat kecemasan klien yang diopname lebih dari satu minggu di ruang (A dan D) BRSD Kepanjen adalah 83,3 %, sedangkan tingkat kecemasan terendah adalah 52,1 %. Maka dari itu upaya petugas kesehatan dan institusi dalam mengurangi tingkat kecemasan klien yang diopname lebih dari satu minggu perlu ditingkatkan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa “Identifikasi Tingkat Keceamsan Klien Ynag Diopname Lebih Dari Satu Minggu Diruang (A dan D) BRSD Kepanjen termasuk dalam kategori Berat dengan prosentase rata-rata 67,25 %”. Setelah didapatkan dari hasil penelitian penelis menyarankan kepada Semua instalasi rawat inap khususnya bangsal bedah dan interne serta pada keluarga yang selalu berhubungan dengan klien untuk selalu melakukan pendekatan dengan klien khususnya pendekatan psikologi dalam rangka mengurangi tingkat kecemasan yang dialami oleh klien.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Nursing > 2002 > Even Semester |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:38 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:38 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/3656 |
Actions (login required)
View Item |