Pengaruh Kekasaran Terhadap Distrbusi Udara Pada Penghalang Berbentuk segi Tiga

Darmawi (2002) Pengaruh Kekasaran Terhadap Distrbusi Udara Pada Penghalang Berbentuk segi Tiga.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kemajuan teknologi aerodinamika dewasa ini demikian pesatnya sehingga menuntut mahasiswa untuk terus melakukan pengembangan dalam aplikasinya. Salah satu aplikasinya adalah dalam perancangan dan pembuatan lorong angin (wind tunnel). Hal ini untuk mengaplikasikan ilmu yang telah didapat. Dengan adanya pembuatan wind tunnel ini dapat dirancang bentuk dari benda uji. Dengan perancangan model penghalang yang tepat, maka hambatan aliran fluida terhadap penghalang dapat diusahakan seminimal mungkin.Apabila suatu aliran fluida melintasi sebuah elemen penghalang (obstacle), maka akan timbul tekanan pada dinding penghalang.gesekan ini dapat berupa distribusi kecepatan, tekanan dan temperatur. akan terjadi pada dinding penghalag (upstream) menuju titik hilir (downstream). Setelah berada pada daerah downstream, garis aliran akan meninggalkan batas pada titik perpisahan (separation point ). Dengan diketahui berapa besarnya tekanan maka akan dapat memperkecil terbentuknya tekanan tersebut.Dalam aliran yang sebenarnya tekanan terkecil terjadi disisi muka benda kerja dan tekanannya berkurang sepanjang permukaan (gradien tekanan menguntungkan). Tetapi pada bagian belakang lapisan batasnya mengalami tekanan yang semakin membesar (gradien tekanan merugikan) yang mengakibatkan adanya separation. Adanya separasi mengakibatkan arus ikut dibelakang penghalang. Makin besar arus ikut yang terjadi akan memperbesar hembusan tekanan aliran fluida terhadap penghalang.Dari fenomena aliran fluida melintasi penghalang sangat sulit untuk meramalkan secara analitis distribusi kecepatan dan tekanan yang terjadi. Sehingga penyelesaian secara experimental sangat diperlukan dalam masalah tersebut. Pada kesempatan ini akan dilakukan analisa untuk memperoleh distribusi kecepatan dan tekanan aliran fluida yang melintasi penghalang, dengan cara memvariasikan kecepatan aliran fluida.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Mechanical Eng > 2002 > Even Semester
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:39
Last Modified: 16 Nov 2016 07:39
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/4035

Actions (login required)

View Item View Item