Wulandari, Dhani (2002) PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG TVRI YANG BERIKLAN(Studi Pada Masyarakat Desa Mentoro, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan).
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang bahwa selama ini TVRI merupakan TV pemerintah tidak menayangkan iklan sebagaimana televisi swasta. karena mendapatkan subsidi dari pemerintah tidak bergerak pada bidang komersil atau seperti yang kita sebut TV komersial, tetapi menjadi media pendidikan dan saluran pembangunan di Indonesia. Seperti yang kita ketahui, selama ini TVRI kurang mendapatkan perhatian dari masyarakat, karena acara-acara yang disajikan memang kurang menarik untuk dilihat. Apalagi dengan bermunculannya TV-TV swasta di Indonesia. Dengan adanya iklan di TVRI merupakan satu hal yang baru di mata masyarakat kita.Dari sini permasalahan yang yang dikemukakan adalah bagaimana persepsi masyarakat terhadap TVRI yang beriklan. Apakah dengan beriklan TVRI akan lebih banyak mendapat perhatian dari masyarakat, atau dengan beriklan TVRI mengalami kemajuan dan peningkatan mutu dan program acara dalam persepsi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat desa Mentoro terhadap TVRI yang beriklan. Penelitian ini mengambil tempat di Desa Mentoro, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan dengan latar belakang, masyarakat desa tersebut masih memiliki kecenderungan menonton TVRI ditengah-tengah maraknya persaingan TV-TV swasta. Mengacu pada konsep persepsi menurut Gestalt, bahwa individu mempersepsikan sesuatu bisa dilakukan dengan empat cara yaitu similaritas, proximitas, kontinyuitas dan closure. Dari proximitas atau kedekatan, bahwa TVRI memiliki kedekatan dengan masyarakat baik secara geografis maupun secara emosional. Dari faktor kontinyuitas, bahwa TVRI merupakan televisi yang biasa dilihat oleh masyarakat. Similaritas yang dimaksud disini adalah kesamaan. Keberadaan iklan di TVRI dipandang sebagai sebuah persamaan dengan keberadaan iklan di TV-TV swasta. Dari faktor closure atau pelengkap, bahwa dengan keberadaan iklan di TVRI maka TVRI dianggap sebagai televisi yang kedudukannya dianggap sama dengan TV-TV swasta lainnya. Tipe penelitian adalah deskriptif. Karena data yang dianalisa berupa angka-angka, maka jenis datanya adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini masyarakat desa Mentoro, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria sebagai berikut, masyarakat yang memiliki televisi, pernah menonton TVRI, berumur 15-45 tahun, dan pendidikan minimal SLTP. Dari teknik pengambilan sampel diatas diperoleh sebanyak 219 responden. Pengambilan sampel berikutnya diambil menurut ketentuan dari Winarno Surachmad yaitu sebanyak 25% dari 219 diperoleh 55 responden. Untuk mendapatkan 55 responden tersebut pengambilannya dengan cara random murni atau diundi. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Sedangkan tekhnik analisa data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan menggunakan tabel prosentase.Berdasarkan hasil analisa data, dapat disimpulkan bahwa persepsi masyarakat terhadap TVRI yang beriklan mendapatkan nilai positif. Hal ini dapat dilihat dari penilaian masyarakat bahwa dengan adanya iklan di TVRI, TVRI sudah mengalami kemajuan dan peningkatan dalam acara yang disajikan. Saran yang perlu untuk diperhatikan disini, bagi semua pihak, diharapkan agar tetap peduli dan tidak meninggalkan TVRI meskipun TV-TV swasta semakin banyak bermunculan di dunia pertelevisian kita.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Communication Science > 2002 > Odd Semester |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:39 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:39 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/4222 |
Actions (login required)
View Item |