Kristiana, Ima (2003) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PROFITABILITAS PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGES YANG GO PUBLIC PADA BURSA EFEK SURABAYA.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kausal pada perusahaan food and beverages yang go public pada Bursa Efek Surabaya, yang berjudul “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Profitabilitas Perusahaan Food And Beverages Pada Bursa Efek Surabaya”.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dan seberapa besar faktor-faktor total penjualan, total biaya, total aktiva dan total modal mempunyai pengaruh terhadap tingkat profitabilitas perusahaan. Dan untuk mengetahui faktor mana yang paling dominan terhadap tingkat profitabilitas perusahaan food and beverages.Hipotesis yang diambil dalam penelitian ini ada dua, yaitu: bahwa faktor total penjualan, total biaya, total aktiva, dan total modal mempunyai pengaruh terhadap tingkat profitabilitas perusahaan. Dan faktor total modal merupakan faktor yang mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap tingkat profitabilitas perusahaan.Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Yang mana dalam perhitungan uji F membandingkan antara Fhitung dengan F tabel, dengan tingkat kesalahan (a) = 5 % dan tingkat kepercayaan sebesar 95 %. Dan perhitungan uji T menggunakan perbandingan antara T hitung dengan T tabel. Serta dilakukan juga uji terhadap gejala-gejala penyimpangan asumsi klasik.Hasil perhitungan dan pengujian analisa regresi yang telah dilakukan dengan melakukan transformasi data variabel bebas terdapat dua persamaan regresi, yaitu: Y= 0,764 1.052 E-13 log X1 – 0,104 log X2 0,150 log X3 – 9.27 E-02 log X4. dari persamaan yang pertama masih terdapat penyimpangan gejala asumsi klasik yaitu Multikolinearitas yang ditunjukkan dengan niali VIF (Varian Inflation Factor) yang sangat besar yaitu diatas 10. jadi untuk mengatasi hal tersebut dilakukan empat cara, yaitu: pengumpulan informasi asumsi apriori, transformasi data, menambah data, dan mengurangi variabel bebas yang memiliki kolerasi atau hubungan yang sangat erat. Dari empat hal tersebut dilakukan, maka didapatkan persamaan yang kedua yang hanya menyisakan dua variabel saja, yaitu: Y= 0,643 1.170E-13 log X1 – 4.87E-02 log X4. dimana masih tersisanya dua variabel tersebut dikarenakan antara variabel total biaya, total aktiva tersebut terdapat kolerasi yang sangat tinggi terhadap variabel total modal. Jadi ketiga variabel tersebut dapat diwakili oleh satu variabel saja, yaitu variabel total modal.Dari hasil pengujian dan perhitungan statistik yang telah dilakukan maka dapat ditaarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan terhadap tingkat profitabilitas oleh variabel bebas dalam penelitian yaitu total penjualan, total biaya, total aktiva, dan total modal. Dan terdapatnya gejala asumsi kalsik maka dapat disederhanakan lagi bahwa faktor yang berpengaruh terhadap tingkat profitabilitas perusahaan food and beverages adalah faktor total penjualan dan faktor total modal. Dan yang menjadi faktor yang paling dominan dalam penelitian ini adalah faktor total modal.Saran yang dapat diambil oleh peneliti disini terhadap perusahaan hendaknya memperhatikan dan meningkatkan volume penjualan dan penggunaan modal baik modal sendiri dan modal pinjaman, karena kedua faktor tersebut sangat berpengaruh terhadap tingkat profitabilitas perusahaan. Dan bagi peneliti selanjutnya disarankan meneruskan dengan penelitian dengan cara menambah data yang digunakan dalam penelitian atau menambah dengan variabel lain.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Accounting > 2002 > Even Semester |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:39 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:39 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/4261 |
Actions (login required)
View Item |