Indrawati, Endang and Sri Enny Triwidiastuti, And (1990) LAPORAN PENELITIAN STUDI DESKRIPTIF TENTANG PELAKSANAAN TUTORIAL INTENSIF UNTUK MATAKULIAH MATEMATIKA I FMIPA UT Dl UPBJJ JAKARTA.
Full text not available from this repository.Abstract
Untuk meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa FMIPA-UT khususnya program studi Matematika pada matakuliah Matematika I maka FMIPA UT mengadakan Tutorial Intensif, Selain matakuliah Matematika I, pada Tutorial Intensif ini dilaksanakan pertemuan tatap muka untuk matakuliah Metode Statistik I, Kaikulus I dan Kimia I, semuanya merupakan matakuliah dasar yang harus ditempuh mahasiswa program studi Matematika. Perbedaan Tutorial Intensif dan Tutorial Biasa adalah dalam hal metode penyampaian materi. Dalam Tutorial Intensif ini pengajarannya sudah terprogram yaitu: Frekuensi pertemuan adalah 6x setiap semester Lama pertemuan adalah 3 jam setiap kali tatap muka untuk 2 matakuliah. Pada setiap kali pertemuan diadakan pre test dan post test. Pre test untuk mengetahui sampai di mana kesiapan belajar mahasiswa, sebelum menghadiri TI dan disampaikan sebelum mahasiswa mengikuti kuliah tatap muka. Dengan pendamping hasil pre test dan post test (= disampaikan sesudah mahasiswa mengikuti kuliah tatap muka) maka dapat diketahui sejauh mana mahasiswa mampu menyerap materi yang disampaikan oleh tutor utama/tutor pendamping. Tutor adalah dosen yang sudah berpengalaman dan sangat selektif pemilihannya. Tutor utama dibantu oleh tutor pendamping yang merupakan staf akademik FMIPA UT sendiri. Untuk meningkatkan pemahaman bahan belajar (modul) mahasiswa dianjurkan juga memanfaatkan audio grafik. Karena TI ini masih bersifat percobaan (baru kali ini dilaksanakan) maka perlu dilihat dan dikaji daya guna dan hasil gunanya terhadap kemajuan nilai mahasiswa yang tercermin pada hasil Ujian Akhir Semester. Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan (ditinjau dari hasil UAS) bahwa kemajuan belajar mahasiswa peserta dan non peserta TI tidak berbeda jauh. Tetapi terlihat peningkatan pemahaman mahasiswa untuk matakuliah Matematika I yang tercermin pada perbandingan hasil pre test dan post test pada tiap kali pertemuan tatap muka. Peningkatan pemahaman mahasiswa dapat terjadi: pada mahasiswa yang siap (mempelajari materi dahulu sebelum pertemuan tatap muka). jumlah kehadiran mahasiswa > 75%. mahasiswa yang mempergunakan bahan penunjang dalam mempelajari matakuliah Matematika I. cara penyampaian materi yang jelas oleh tutor.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JKPTUTPP > Research Report > Research Report |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:39 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:39 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/4319 |
Actions (login required)
View Item |