Abdurachmann Tauhid, Bisma (2016) Implementasi Teknologi Intel Perceptual Computing Pada Pembangunan Game Kompilasi Permainan Tradisional. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Di zaman yang serba canggih, permainan tradisional semakin terlupakan. Menurut Khasan kepala sekolah salah satu sekolah dasar Islam Athirah Kajaolalido, 99% siswa-siswanya belum mengenal permainan-permainan tradisional. Anak-anak lebih tertarik dengan permainan canggih seperti teknologi game yang perkembangannya semakin pesat. Padahal permainan tradisional memiliki manfaat bagi perkembangan anak seperti gerakan-gerakan yang menuntut ketangkasan anak seperti berlari, memukul, dan melempar tanpa disadari melatih motorik anak. Dalam upaya pelestarian permainan tradisional dan menarik minat anak untuk memainkannya, tidak sedikit pengembang game yang mengembangkan game dengan tema permainan tradisional, namun esensi gerakan dari permainan tradisional hilang karena penggunaan joystick,ataupun virtual button yang menjadi kendali dalam permainan. Untuk itu dalam pengembangan game dengan tema permainan tradisional seharusnya tidak melupakan esensi gerakan. Dengan teknologi yang berkembang saat ini memungkinkan gerakan anggota tubuh seperti tangan, dan wajah dapat dijadikan kendali dalam game. Intel Perceptual Computing merupakan salah satu bentuk dari teknologi yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer menggunakan bahasa alami seperti bahasa tubuh. Hal ini kemudian menjadi menarik untuk diimplementasikan terhadap pengembangan game bertemakan permainan tradisional sehingga dalam upaya pelestarian permainan tradisional, gerakan dalam permainan tradisional tetap dapat dirasakan anak-anak manfaatnya. Kemudian dilakukan tahap pengujian untuk memastikan permainan berjalan dengan baik. Pengujian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengujian blackbox dan pengujian beta. Berdasarkan hasil pengujian maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa teknologi Intel Perceptual Computing dapat diimplementasikan dalam pembangunan game dengan tema permainan tradisional dengan melalui berbagai penyesuaian sehingga gesture yang digunakan dalam game menyerupai gerakan asli saat memainkan permainan tradisional.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | permainan tradisional, Intel Perceptual Computing |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:39 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:39 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/4354 |
Actions (login required)
View Item |