Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Untuk Buku Pembelajaran Pengenalan Hewan Pada Anak Usia Dini Berbasis Android

Fauji, Muhammad (2016) Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Untuk Buku Pembelajaran Pengenalan Hewan Pada Anak Usia Dini Berbasis Android. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pengenalan hewan kepada anak dapat merangsang otak untuk berimajinasi dan melatih kreatifitas. Dengan berkembangnya teknologi informasi, sarana pengenalan hewan dapat dilakukan menggunakan perangkat berupa personal komputer, Laptop maupun smartphone. Perkembangan teknologi Augmented Reality pada smartphone akan mempermudah anak usia dini dalam mengenal beberapa jenis hewan. Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah membuat aplikasi Pengenalan Hewan menggunakan teknologi Augmented Reality berbasis Android.Metode yang dilakukan dalam pembuatan aplikasi Pengenalan Hewan ini adalah study literature, eksperimen, sampling dan interview. Pembuatan diawali dengan mengumpulkan data hewan yang akan dibuat sebagai model, lalu membuat 3D dan animasi binatang menggunakan 3DMAX. Perancangan aplikasi Augmented Reality menggunakan software Unity 3D Engine, kemudian pembuatan marker menggunakan Vuforia, suara yang diedit menggunakan Adobe Audition CS6. Fitur yang ada dalam aplikasi ini adalah beberapa jenis hewan yang ditampilkan secara tiga dimensi dengan suara dan animasi menggunakan teknologi Augmented Reality. Hasil dari pengujian aplikasi Pengenalan Hewan ini dapat berjalan pada berbagai perangkat mobile Android dengan sistem operasi android minimal 4.0.1 (Ice Cream Sandwich). Jarak normal yang dapat terdeteksi oleh kamera adalah 10cm sampai 100cm dengan ukuran marker 15 x 17cm.Berdasarkan hasil kuesioner, aplikasi Pengenalan Hewan menggunakan Augmented Reality berbasis android ini, cocok untuk mengenalkan hewan kepada anak usia dini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Android, Augmented Reality
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer > Sistem Komputer > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:39
Last Modified: 16 Nov 2016 07:39
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/4495

Actions (login required)

View Item View Item