Tinjauan Makna dan Persepsi Masyarakat terhadap Iklan Televisi PDI Perjuangan Versi Refresing Logo

Ta Utra, Hardyanwar (2004) Tinjauan Makna dan Persepsi Masyarakat terhadap Iklan Televisi PDI Perjuangan Versi Refresing Logo.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Hardyanwar Taniputra. Tinjauan Makna dan Persepsi Masyarakat terhadap Iklan Televisi PDI Perjuangan Versi Refresing Logo. Skripsi. Bandung. Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Komputer Indonesia. 2004 Dalam penyampaian pesan kepada masyarakat luas, penggunaan media massa elektronik berjenis televisi sering digunakan. Media penyampaian pesan kepada masyarakat luas dipergunakan secara maksimal oleh pihak yang berkampanye, dalam hal ini partai politik dalam masa kampanye politik untuk menghadapi Pemilu. Pada masa kampanye Pemilu 1999 PDI Perjuangan telah menggunakan iklan televisi sebagai salah satu media kampanye partainya. Iklan dengan slogan “Coblos Banteng Hitam dalam Lingkaran Bulat” mampu menarik perhatian massa saat itu. Perolehan suara PDI Perjuangan dalam Pemilu 1999 mampu membawa partai politik ini sebagai partai terbesar dalam perolehan suara. Dalam Pemilu 2004 PDI Perjuangan merupakan salah satu dari sekian banyak partai politik yang menggunakan media televisi dalam penyampaian pesannya kepada masyarakat luas. Iklan tersebut dikemas menggunakan animasi tiga dimensi, yang kita ketahui dalam proses pembuatannya membutuhkan waktu serta biaya yang besar. Dengan pengeluaran dana yang besar tentu pesan yang ingin disampaikan PDI Perjuangan melalui iklan versi “Refresing Logo’ tertata dengan baik padat. Dari pesan yang divisualkan penelitian ditujukan untuk mengetahui pemaknaan dari tiap adegan yang dihasilkan ditambah penganalisaan mengenai persepsi responden tentang kehadiran iklan ini pada masa kampanye putaran pertama Pemilu 2004. Untuk mencapai tujuan di atas, penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif yaitu menjabarkan secara sistematis mengenai pemaknaan dari tiap adegan dan menjabarkan persepsi masyarakat terhadap iklan tersebut. Salah satu metode pengumpulan data menggunakan angket. Angket disebarkan di kelurahan Sukabunga, Bandung. Berdasarkan hasil analisa, diketahui bahwa dalam setiap adegan yang terdapat pada iklan mempunyai pemaknaan tersendiri yang saling berhubungan diantaranya. Iklan ini dapat dikatakan berhasil menarik perhatian audience, dikarenakan mampu mengaktifkan persepsi manusia yaitu persepsi gerak berupa animasi banteng hitam (sensasi / stimulus).

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2004
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:40
Last Modified: 16 Nov 2016 07:40
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/5002

Actions (login required)

View Item View Item