PENGARUH KEPRIBADIAN DAN HARGA TERHADAP IMPULSE BUYING PADA PRODUK NOVEL DI TOKO BUKU BANDUNG BOOK CENTER WILAYAH BANDUNG

Susilawati, Erna and Wahdiniwaty, Rahma (2017) PENGARUH KEPRIBADIAN DAN HARGA TERHADAP IMPULSE BUYING PADA PRODUK NOVEL DI TOKO BUKU BANDUNG BOOK CENTER WILAYAH BANDUNG. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, Vol.01. ISSN 2337-5299

Full text not available from this repository.
Official URL: http://jimm.mm.pasca.unikom.ac.id/jurnal/pengaruh-...

Abstract

Persaingan didunia bisnis pada era globalisasi yang begitu ketat mendorong para marketer untuk terus berupaya mencari strategy untuk meningkatkan penjualannya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mempelajari perilaku konsumen yang erat kaitannya dengan kepribadian konsumen dan keputusan pembelian konsumen yang tidak terencana serta faktor-faktor yag mempengaruhinya diantaranya harga. Penelitian ini dilakukan pada 161 pelanggan Bandung Book Center, wilayah Bandung yang membeli novel. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kepribadian extrovert, introvert dan harga terhadap impulse buying. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif varifikatif, dimana olah datanya menggunakan SEM (System Equation Model) dengan menggunalakn Lisrel 8.8. Kepribadian konsmen pada pembelian produk novel di Bandung Book Center wilayah Bandung paling banyak adalah pelanggan yang memiliki kepribadian ekstrovert sebanyak (68,91%) yang tergolong dalam kategori extrovert. Konsumen menyatakan bahwa harga produk novel novel di Bandung Book Center wilayah Bandung, cukup terjangkau dan harganya cukup sesuai dengan presentase sebesar 53,12%. Impulse Buying konsumen dalam pembelian produk novel di Bandung Book Center wilayah Bandung menduduki kriteria cukup impulsif sebesar 62,79%. Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kepribadian introvert, extrovert terhadap harga produk novel di Toko Buku Bandung Book Center. Sedangkan hubungan kerpribadian extrovert terhadap keribadian introvert memiliki hubungan yang negatif sebesar -0.21, karena sejalan dengan karakteristik keduanya yang saling bertolak belakang,dimana jika extrovert nilainya naik maka introvert akan turun. The Business competition in the era of globalization that increasingly tight, that encouraged the marketer to constantly strive for seeking strategies to increase their sales. One of their effort is studying consumer behavior that related to personality and cusomers decision as well as impulse buying and its factors, one of them is price. This research was conducted on 161 customers in Bandung Book Center, Bandung region, who bought the novel. The purpose of this research was analyzed the influence of extrovert - introvert personality and price on impulse buying. The Methods that used in this research is descriptive analysis, while the data analysis using SEM (System Equation models) by Lisrel 8.8. is Extrovert about 68,91% that occupying extrovert criteria . Consumer states that novel price in Bandung Book Center, Bandung region are quite affordable and the price is quite appropriate with percentage about 53,12%. The consumers impulse buying of novel in Bandung Book Center, Bandung region occupying quite impulsive criteria about 62,79%. .There was no significant correlation between the introvert and extrovert personality towards the price of novel in Bandung Book Center. While the correlation between extrovert personality and introvert personality has a negative correlation about -0.21, it is as in line with the characteristics of them that contradictory, whereas if the value of extrovert personality is increase, so the value of introvert personality will decrease.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: ekstrovert, introvert, price and impulse buying.
Subjects: Jurnal Tercetak > JIMM - Jurnal Ilmiah Magister Manajemen
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Pascasarjana > Magister Manajemen (S2)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 20 Apr 2017 02:28
Last Modified: 20 Apr 2017 02:28
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51293

Actions (login required)

View Item View Item