Habibah, Siti and Bayu, Kartib (2017) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA SEKOLAH TERHADAP KEPUASAN SISWA PADA SMK SWASTA KABUPATEN SUBANG. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, Vol.02. ISSN 2337-5299
Full text not available from this repository.Abstract
Kualitas pelayanan merupakan hal yang penting untuk sebuah sekolah. Hal ini berdampak pada citra sekolah. Sekolah yang dapat memberikan kualitas pelayanan yang baik maka berdampak pada citra yang baik pula. Dengan terbentuknya kualitas pelayanan dan citra sekolah yang baik maka menimbulkan kepuasan terhadap siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah 1). untuk mengetahui gambaran mengenai kualitas pelayanan, citra sekolah dan kepuasan siswa pada SMK Swasta di Kabupaten Subang, 2) untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan citra sekolah SMK Swasta di Kabupaten Subang, 3) untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan siswa pada SMK Swasta di Kabupaten Subang, 4) untuk mengetahui pengaruh citra sekolah terhadap kepuasan siswa pada SMK Swasta di Kabupaten Subang dan 5) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan dan citra sekolah terhadap kepuasan siswa SMK Swasta di Kabupaten Subang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dan verifikatif. Populasi penelitian ini berjumlah 2.209 siswa dan teknik penarikan sampel menggunakan teknik pendekatan slovin sehingga diperoleh 100 responden. Metode analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan software Lisrel 8.8. Hasil analisis jalur menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan dan citra sekolah memiliki hubungan yang kuat sebesar 78%. Kualitas pelayanan dan citra sekolah secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan siswa sebesar 72,93%. Kualitas pelayanan dalam meningkatkan kepuasan siswa memiliki pengaruh yang signifikan, dalam hal ini kepuasan siswa dipengaruhi oleh kualitas pelayanan sebesar 57,38%. Sedangkan, citra sekolah dalam meningkatkan kepuasan siswa termasuk dalam kategori rendah sebesar 15,55%. Meskipun citra sekolah masuk dalam kategori rendah, tetapi kepuasan siswa salah satunya masih dipengaruhi oleh citra sekolah. Selain itu, ada faktor lain yang secara tidak langsung mempengaruhi kepuasan siswa diluar variabel kualitas pelayanan dan citra sekolah sebesar 27,07%. Quality of service is crucial to a school. This will have an impact on the image of the school. The school can provide a good quality of service then it will have an impact on the image anyway. With the formation of the service quality and the image of a good school then it will give rise to the satisfaction of the students. The purpose of this research is 1) to know the description of the service quality, the image of the school and student satisfaction at private SMK Subang Regency, 2) to know the quality of service relationship with the image of the school at private SMK Subang Regency, 3) to know the influence of the quality of service of student satisfaction at private SMK Subang Regency, 4) to know the influence of the image of the school to the student satisfaction at private SMK Subang Regency and 5) to find out whether there is influence between service quality and the image of the school to the student satisfaction at Private SMK Subang Regency. The methods used in this research is descriptive and analytical methods verification. The total population of this research is 2.209 students and technique draw samples using the technique approaches slovin so obtained 100 respondents. Data analysis using the method of path analysis (path analysis) and using software Lisrel 8.8. Results of path analysis concluded that the quality of service and the image of the school have a strong relationship of 78%. Quality of service and the image of schools together have an effect on student satisfaction of 72,93%. Quality of service in improving student satisfaction has significant effects. In this case, the student satisfaction is influenced by the quality of service of 57,38%. Meanwhile, the image of schools in improving student satisfaction is included in the low category. Although the image of the school belongs to the category of low student satisfaction 15,55%, but one of them is still influenced by the image of the school. In addition, there are other factors that indirectly affect student satisfaction outside the variable quality of service and the image of the school of 27,07%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas pelayanan, citra sekolah dan kepuasan siswa.; quality of service, the image of the school and student satisfaction. |
Subjects: | Jurnal Tercetak > JIMM - Jurnal Ilmiah Magister Manajemen |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Pascasarjana > Magister Manajemen (S2) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 20 Apr 2017 02:31 |
Last Modified: | 20 Apr 2017 02:31 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51299 |
Actions (login required)
View Item |