HILLARY CLINTON VS DONALD TRUMP: QUO VADIS INTERVENSI KEMANUSIAAN?

Robertua, Verdinand (2017) HILLARY CLINTON VS DONALD TRUMP: QUO VADIS INTERVENSI KEMANUSIAAN? JIPSI - Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi UNIKOM, Vol.06. ISSN 2086 – 1109

[img] Text
7.verdinand-clintonvstrump-edited.pdf - Published Version

Download (274kB)
Official URL: http://jipsi.fisip.unikom.ac.id/jurnal/hillary-cli...

Abstract

Penelitian ini membahas perbandingan kebijakan luar negeri Hillary Clinton dan Donald Trump terkait legitimasi intervensi kemanusiaan dalam kebijakan luar negeri Amerika Serikat. Kedua kandidat calon presiden memiliki kebijakan luar negeri yang berbeda dan berlawanan. Pertanyaan penelitian yang dibahas adalah bagaimana memahami perbedaan kebijakan luar negeri Clinton dan Trump mengenai intervensi kemanusiaan dengan menggunakan teori English School. Konsep yang digunakan penelitian ini adalah intervensi kemanusiaan dan kebijakan luar negeri. Penelitian ini menghasilkan dua kesimpulan. Pertama, masalah hak asasi manusia yang dibawa oleh Clinton di berbagai negara dapat menjadi rivalitas baru bagi AS. Kedua, Tiongkok sebagai negara ekonomi terbesar di Asia harus siap menghadapi ancaman ekonomi dan keamanan yang dibawa oleh Trump atau Clinton.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: hillary clinton, donald trump, pemilihan presiden, kebijakan luar negeri, intervensi kemanusiaan.
Subjects: Jurnal Tercetak > JIPSI - Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi UNIKOM
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 20 Apr 2017 02:44
Last Modified: 20 Apr 2017 02:44
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51320

Actions (login required)

View Item View Item