Aktivitas Komunikasi Dalam Upacara Adat Pernikahan Tionghoa

Giraldy Akbar, Mochamad (2017) Aktivitas Komunikasi Dalam Upacara Adat Pernikahan Tionghoa. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui Bagaimana Aktivitas Komunikasi Dalam Upacara Adat Pernikahan Tionghoa. Untuk menjabarkannya, maka fokus masalah tersebut peneliti dibagi ke dalam beberapa sub-sub masalah mikro yaitu situasi komunikatif, peristiwa komunikatif dan tindakan komunikatif dalam Upacara adat Pernikahan Tionghoa. Metode Penelitian ini adalah metode kualitatif studi etnografi komunikasi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 (tiga) orang yang diperoleh melalui teknik puposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, internet searching dan studi pustaka. Teknik uji keabsahan data dengan cara pemeriksaan sejawat dengan diskusi, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa pada situasi komunikatif Upacara Adat Pernikahan dilaksanakan di rumah, gereja dan gedung , dimana dalam proses tersebut terdapat tahapan yang harus dilakukan. Pada peristiwa komunikasi Upacara Adat Pernikahan terdapat beberapa komponen. Genre yaitu warisan tradisi secara turun-temurun, topik yaitu menghormati garis keturunan tionghoa, fungsi dan tujuan yaitu menghargai dan menghormati leluhur dan keluarga garis keturunan tionghoa, setting yaitu 21 mei 2016 dengan tiga lokasi yang berbeda, partisipan yaitu garis keturunan tionghoa dan tamu undangan, bentuk pesan yaitu bahasa indonesia, isi pesan yaitu harus tetap memakai budaya pernikahan tionghoa, urutan tindakan yaitu lamaran, sanjit, teapai, pemberkatan, pesta pernikahan, kaidah interaksi yaitu aturan tradisi kegiatan terdahulu, norma interpretasi yaitu prosesi upacara menjadi keharusan. Pada tindakan komunikasi Upacara Adat Pernikahan yaitu berkomunikasi menggunakan komunikasi verbal dan simbol secara non verbal. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Aktivitas Komunikasi dalam Upacara Adat Pernikahan Tionghoa diwariskan dari turun temurun oleh leluhur mereka untuk mewujudkan rasa hormat dan menghormati leluhur dan orangtua, serta dimana dalam adat pernikahan ini dijalankan oleh garis keturunan tionghoa. Saran dari peneliti agar masyarakat etnis tionghoa terus budayakan upacara adat pernikahan yang sudah menjadi tradisi ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Etnografi Komunikasi, Aktivitas Komunikasi, Upacara Adat Pernikahan Tionghoa, Situasi Komunikasi, Peristiwa Komunikasi, Tindakan Komunikasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51659

Actions (login required)

View Item View Item