Reza Nur, San (2017) Strategi Periklanan Bidang Pemasaran Dana Usaha (PDU) Panitia Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Dan PEPARNAS XV 2016 Jawa Barat. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mengetahui dan mendeskripsikan Strategi Periklanan Bidang Pemasaran Dana Usaha PB PON XIX dan PEPARNAS XV 2016 Jawa Barat dalam Mempromosikan ajang PON XIX dan PEPARNAS XV 2016 Jawa Barat kepada Masyarakat Jawa Barat. Adapun sub fokus yang digunakan adalah Perumusan Sasaran, Perumusan Anggaran, Perumusan Pesan Iklan, Pemilihan Media. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi non-partisipan, dokumentasi, serta studi pustaka, seperti referensi buku, penelitian terdahulu, dan internet searching. Informan penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dengan menggunakan lima orang informan yang dipilih berdasarkan pertimbangan tertentu yang dimana 2 diantaranya merupakan informan kunci yaitu Bapak Saepudin dzuhri selaku Koordinator Bidang Pemasaran dana Usaha dan Bapak Ardhana Mulia selaku Koordinator Bidang Marcoom Bismark Media Planner, serta melibatkan informan pendukung yang berasal dari masyarakat Jawa Barat yang berbeda latar belakang, seperti Pak gugun Gunawan sebagai Lurah Cigadung, Denis Febrians sebagai Jurnalis media, dan Andri Ridwan sebagai mahasiswa. Uji keabsahan data menggunakan peningkatan ketekunan, diskusi teman sejawat, dan membercheck. Teknik analisa data dilakukan dengan tahapan reduksi data, klasifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa perumusan sasaran yang dilakukan oleh Bidang PDU menggunakan Skema Komunikasi, dengan klasifikasi sasaran masyarakat umum dan pengusaha yang dimana sasarannya ditujukan kepada perorangan, kelompok dan pengusaha. Perumusan anggaran dilakukan untuk mengefisiensikan dana anggaran, dengan scara melibatkan pihak sponsorship, dimana merumuskan anggaran yang dilakukan untuk mendorong pihak sponsorship sebagai bagian yang partisipatif. Perumusan pesan iklan menggunakan pendekatan pesan iklan secara emosional dengan tagline ��Bukan Sekedar Juara�� sebagai tagline budaya untuk merangsang effort masyrakat Jawa Barat. Pemilihan media dilakukan dengan menggunakan Research AC Nielsen sebagai pertimbangan pemilihan media partner, jalur radio sebagai media iklan Above The Line, tokoh dan perangkat pemerintahan daerah dipakai sebagai pemerataan penyebaran iklan di wilayah pedesaaan, lalu Bidang PDU masih menggunakan media konvensional seperti Koran dan menggunakan media iklan Bellow The Line yaitu mobil branding. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Strategi Periklanan Bidang Pemasaran Dana Usaha PB PON XIX dan PEPARNAS XV 2016 Jawa Barat dalam Mempromosikan ajang PON XIX dan PEPARNAS XV 2016 Jawa Barat kepada Masyarakat Jawa Barat sudah dilakukan secara sistematis dengan tahapan perumusan sasaran, perumusan anggaran, perumusan pesan iklan dan pemilihan media, terutama dalam pemilihan media sudah menggunakan media yang variatif. Saran dari penelitian ini pemasangan iklan di Televisi harus berkelanjutan, pertimbangan penyimpanan media luar ruangan, penggunaan iklan kreatif untuk menyentuh segmentasi sasaran anak muda , dan membuat pesan iklan untuk disabilitas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Advertising Strategies, PON XIX and XV PEPARNAS 2016 West Java. |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2016 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1) |
Date Deposited: | 06 Jun 2017 02:58 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 02:58 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51675 |
Actions (login required)
View Item |