Peranan Komunikasi Interpersonal Antara Guru Bimbingan Konseling Dengan Siswa

Siska Juliana, Faroz (2017) Peranan Komunikasi Interpersonal Antara Guru Bimbingan Konseling Dengan Siswa. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan Komunikasi Interpersonal Antara Guru Bimbingan Konseling dengan Siswa dalam Menangani Siswa Bolos Sekolah di SMAN 4 Cimahi. Untuk menjawab penelitian tersebut, peneliti memiliki sub fokus yaitu kemampuan komunikasi, pendekatan komunikasi dan hambatan komunikasi untuk menganalisa fokus penelitian peranan komunikasi interpersonal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 (enam) orang. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik Snowball Sampling. Data penelitian diperoleh melalui studi pustaka, observasi, wawancara, dokumentasi dan pencarian data online. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam hal ini Guru Bimbingan Konseling di SMAN 4 Cimahi memiliki kemampuan komunikasi dengan kecakapan memahami permasalahan siswa, kecakapan ketika Guru Bimbingan Konseling mengajukan pertanyaan kepada siswa yang bersangkutan, dan pemahaman secara verbal. Pendekatan Komunikasi melalui sikap kepedulian terhadap permasalahan siswa, memberikan pelayanan prima ketika proses bimbingan konseling dengan kontrak waktu sebelumnya, dan menyamakan persepsi. Hambatan komunikasi yang terjadi ketika siswa tidak menaati peraturan sekolah karena faktor kebiasaan buruk, gaya bahasa remaja yang tidak dimengerti oleh Guru BK. Dari hasil penelitian interaksi yang dilakukan dan tahapan yang dilakukan dalam bentuk hubungan komunikasi interpersonal. Saran diharapkan kepada SMAN 4 Cimahi dengan penambahan Guru Bimbingan Konseling supaya penanganannya lebih maksimal. Diharapkan Guru Bimbingan Konseling meningkatkan peranannya dengan terlaksananya program bimbingan secara lancar, efisien, dan efektif

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peranan Komunikasi Interpersonal, Kemampuan Komunikasi, Pendekatan Komunikasi, Hambatan Komunikasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51679

Actions (login required)

View Item View Item