Strategi Komunikasi Pemerintah Kota Bandung Dalam Sosialisasi Pembangunan Proyek Skywalk Di Jalan Cihampelas Kota Bandung

Mardiana, Gina (2017) Strategi Komunikasi Pemerintah Kota Bandung Dalam Sosialisasi Pembangunan Proyek Skywalk Di Jalan Cihampelas Kota Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, proses, dan hambatan dari strategi komunikasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bandung dalam sosialisasi proyek pembangunan skywalk di Cihampelas Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti untuk memperoleh data yang dibutuhkan antara lain dengan melakukan observasi, wawancara, studi pustaka, internet searching, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan sudah dilakukan Pemerintah Kota Bandung secara matang, proses komunikasi berlangsung dan berkembang sesuai dengan apa yang sudah direncanakan, meliputi komunikasi primer dan sekunder dengan tatap muka secara langsung juga pemilihan media yang digunakan seperti website, media sosial, dan media massa, dan terdapat hambatan yang muncul selama proses komunikasi berlangsung baik itu datang dari masyarakat ataupun keterlambatan proyek. Simpulan dari penelitian ini adalah strategi komunikasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bandung telah dilaksanakan dengan sesuai tahapan, masyarakat memberikan respon positif akan proyek ini. Pemerintah Kota Bandung menggunakan media massa dan media sosial sebagai sarana sosialisasi, juga tatap muka secara langsung dengan masyarakat. Hambatan muncul dari masyarakat dan keterlambatan proyek. Saran dari peneliti untukPemerintah Kota Bandung agar membuat timeline yang jelas dalam perencanaan mengenai strategi komunikasi, mengoptimalkan peran kepala dinas sebagai komunikator, membuat strategi komunikasi khusus apabila terjadi kendala teknis dalam sebuah proyek, dan harus mampu memetakan hambatan apa saja yang kemudian akan muncul.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Pemerintah Kota Bandung, Sosialisasi, Proyek, Skywalk.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51724

Actions (login required)

View Item View Item