Pesan Non Verbal Dalam Upacara Pitra Yadnya

Gde Oka Indrajaya, I (2017) Pesan Non Verbal Dalam Upacara Pitra Yadnya. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui Pesan Non Verbal dalam Upacara Pitra Yadnya Di Desa Penuktukan Kabupaten Singaraja Bali. Untuk menjawab pesan non verbal tersebut, peneliti menggunakan tiga subfokus yaitu pesan kinesik, pesan proksemik dan pesan artifaktual. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh informan berjumlah 4 (empat) orang, diantaranya Jero Mangku Lanang, Jero Mangku Istri, dan dua orang Pelaku upacara pitra yadnya. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, dokumentasi, studi pustaka dan internet searching. Adapun teknik analisis data yang dilakukan, melalui beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan evaluasi.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pesan Non Verbal dalam Upacara Pitra Yadnya Di Desa Penuktukan Kabupaten Singaraja Bali dimulai dari pesan kinesik yang terbagi menjadi pesan kinesik gestural terdiri dari kontak mata dan gerakan tubuh serta pesan kinesik fasial yakni ekspresi wajah, pesan proksemik sendiri yakni dilihat dari tempat dan jarak upacara, sedangkan pesan artifaktualnya yakni pakaian yang dipakai oleh keluarga jauh, dekat, pemangku adat lanang maupun pemangku adat istri. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pesan Non Verbal dalam Upacara Pitra Yadnya Di Desa Penuktukan Kabupaten Singaraja Bali menyiratkan beberapa makna dan pesan tersendiri dari berbagai rangkaian kegiatan yang dijalankan. Pesan yang ada mengartikan bahwa upacara ini dilakukan untuk menghormati orangtua yang telah tiada. Saran untuk penelitian ini adalah masyarakat desa penuktukan hendaknya menjaga dan melestarikan kearifan lokal. Sebagai upaya tetap memegang teguh tentang ajaran-ajaran leluhur-leluhur agar upacara pitra yadnya terus dilaksanakan dengan cara yang sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Pesan Non Verbal, Pesan Kinesik, Pesan Proksemik, Pesan Artifaktual, Upacara Pitra Yadnya
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51730

Actions (login required)

View Item View Item