Tinjauan Atas Sistem Pelaporan SPT Tahunan PPH Orang Pribadi Dengan Aplikasi E-Filling Pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Majalaya Bandung

Eka Yuliawati, Intan (2017) Tinjauan Atas Sistem Pelaporan SPT Tahunan PPH Orang Pribadi Dengan Aplikasi E-Filling Pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Majalaya Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan di KPP Pratama Majalaya Bandung. Fenomena yang terjadi adalah adanya Wajib Pajak yang belum memahami sepenuhnya mengenai mekanisme penyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi untuk formulir 1770S dan 1770SS secara elektronik (e-Filing) sehingga menyebabkan Wajib Pajak mengalami kesulitan untuk entry data dokumen perpajakannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memberikan gambaran serta pemahaman mengenai mekanisme pelaporan pajak SPT Tahunan dengan aplikasi e-Filing, kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan fasilitas e-Filing serta upaya mengatasi kendala yang terjadi dalam pemanfaatan fasilitas e-Filing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis adalah penelitian studi lapangan (observasi, interview, dokumentasi) dan studi kepustakaan. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis menjelaskan bahwa sistem e-Filing ternyata masih belum maksimal untuk digunakan oleh Wajib Pajak. Sebagian besar Wajib Pajak belum memahami tentang mekanisme pelaporan pajak dengan aplikasi e-Filing. Saran yang penulis berikan pada KPP Pratama Majalaya yaitu agar meningkatkan sosialisasi e-Filing kepada Wajib Pajak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT), e-Filing, Mekanisme e-Filing, Pemanfaat e-Filing.
Subjects: D3 Tugas Akhir > Akuntansi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51781

Actions (login required)

View Item View Item