kompiler untuk Pemograman Dalam Bahasa Indonesia

Gun Febrianza, Gun (2017) kompiler untuk Pemograman Dalam Bahasa Indonesia. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Ada banyak bahasa pemrograman yang digunakan manusia untuk dapat mengendalikan komputer yang mampu dimengerti secara langsung hanya bahasa mesin. Pembuatan bahasa pemrograman berbahasa Indonesia sebagai alat bantu untuk studi kasus pemograman sudah tersedia namun penerjemahan yang tersedia masih menggunakan interpreter. Tujuan Penelitian ini dibuat untuk menyediakan kompiler yang mampu menerjemahkan bahasa tingkat tinggi berbahasa Indonesia berbasis pemograman berorientasi objek. Penerjemahan yang dilakukan menggunakan kompiler mampu memproduksi keluaran executable dan dynamic link library yang mampu berjalan pada multisistem operasi (Linux dan Windows). Pembuatan kompiler dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu tahap pertama membuat lexical analyzer untuk memproduksi token dari pemrograman berbahasa Indonesia menggunakan Deterministic Finite Automata, tahap kedua membuat parser untuk melakukan analisis sintaks pada pemrograman berbahasa Indonesia, tahap ketiga membuat semantic analyzer untuk membaca makna sintaks pada pemrograman berbahasa Indonesia dan tahap keempat code generation untuk memproduksi keluaran program. Pada penelitian ini kompiler berhasil menerjemahkan kode pemrograman berbahasa Indonesia berorientasi objek, baik penerjemahan menggunakan mode simulasi untuk mengetahui proses kompilasi setiap langkahnya, kompilasi secara penuh dan kompilasi dengan mode optimasi. Kompiler mampu memproduksi keluaran executable dan dynamic link library, keluaran mampu berjalan pada multisistem operasi dan diintegrasikan dengan bahasa pemrograman lainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kompiler, Pemograman Berbahasa Indonesia, Pemrograman Berorientasi Objek, Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51889

Actions (login required)

View Item View Item