Ramadhan, Ilham (2017) Implementasi Algoritma Jump Point Search Pada NPC Musuh Untuk Mengejar Pemain Dalam Game Labirin. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Salah satu algoritma pathfinding yang dapat dipakai dalam mencari dan mengenali jalur dari satu titik ke titik lain adalah algoritma Jump Point Search (JPS). Algoritma JPS merupakan pengembangan dari algoritma A* yang dikembangkan oleh Daniel Harabor dan Alban Grastien pada tahun 2011.Penelitian ini bertujuan untuk mengukur performansi algoritma Jump Point Search dalam mencari jalur dengan halangan yang bersifat dinamis. Penelitian pada algoritma Jump Point Search akan diterapkan pada sebuah game labirin. Karakteristik game yang akan dibangun didasarkan pada sebuah game yaitu game bomberman, dimana game tersebut memiliki beberapa fitur yang dapat digunakan pada penelitian ini. Salah satu fitur tersebut adalah penggunaan sebuah halangan untuk menghalangi musuh dalam mengejar pemain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada uji coba algoritma dengan program simulasi didapatkan algoritma ini dapat mengenali jalur yang berubah secara dinamis, hal ini ditunjukkan dari tingkat persentase keberhasilan menemukan jalur di atas 90%. Dengan demikian algoritma ini layak digunakan pada kasus game labirin.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan buatan, game, labirin, algoritma pathfinding i |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1) |
Date Deposited: | 06 Jun 2017 02:58 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 02:58 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51955 |
Actions (login required)
View Item |