Pengaruh Nilai Perusahaan (PBV) Dan Rasio Hutang (DER) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sektor Perkebunan Yang Terdaftar DI BEI Periode 2012-2015

Rizki Amelia, Miana (2017) Pengaruh Nilai Perusahaan (PBV) Dan Rasio Hutang (DER) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sektor Perkebunan Yang Terdaftar DI BEI Periode 2012-2015. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Harga saham merupakan acuan para investor dalam mengambil keputusan investasi. Harga saham sering kali berubah-ubah menyesuaikan dengan tingkat penawaran serta permintaan. Permintaan terhadap saham dipengaruhi oleh berbagai informasi yang dimiliki atau diketahui oleh para investor mengenai perusahaan emiten. Nilai Perusahaan (PBV) adalah perhitungan atau perbandingan antara market value dengan book value suatu saham. Rasio Hutang (DER) adalah perbandingan antara dana pinjaman / hutang dibandingkan dengan modal dalam upaya pengembangan perusahaan. Kedua variabel tersebut dapat menentukan pergerakan harga saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai perusahaan dan rasio hutang terhadap harga saham baik secara simultan dan parsial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan perkebunan yang terdaftar di Bursa efek Indonesia tahun 2012-2015. Sampel dalam penelitian ini adalah 9 perusahaan perkebunan. Pengujian statistik yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji koefisien korelasi pearson, uji koefisien determinasi, uji hipotesis, dan menggunakan program bantuan aplikasi SPSS 16.0 for windows.Hasil penelitian menunjukan secara simultan nilai perusahaan dan rasio hutang berpengaruh positif terhadap harga saham. Sedangkan secara parsial menunjukan bahwa nilai perusahaan berpengaruh positif terhadap harga saham dan rasio hutang berpengaruh positif terhadap harga saham.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Nilai Perusahaan, Rasio Hutang dan Harga Saham
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51974

Actions (login required)

View Item View Item