Sistem Informasi Penyewaan Alat-Alat Outdoor Berbasis Website Pada Bougenville Outdoor

Widhi Prasetyo, Dimas (2017) Sistem Informasi Penyewaan Alat-Alat Outdoor Berbasis Website Pada Bougenville Outdoor. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perkembangan di era globalisasi menjadikan setiap perusahaan berusaha untuk mengembangkan teknologi informasinya. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi tersebut tentunya dapat menjadi sarana dalam meningkatkan kegiatan usaha dan membantu pekerjaan dalam suatu organisasi sehingga pekerjaan yang di lakukan lebih efektif dan tepat waktu. Hal tersebut dapat ditunjang salah satunya dengan pengolahan data yang dapat terdistribusi dan terkomputerisasi dengan baik agar kegiatan bisnis dapat ditingkatkan. Berdasarkan uraian diatas penggunaan teknologi informasi dalam kegiatan bisnis merupakan hal yang sangat penting dalam menunjang kinerja dari sumber daya manusia yang ada pada perusahaan. Pada bougenville outdoor terdapat beberapa masalah yaitu sistem pencatatan data yang masih menggunakan buku, sehingga data tersebut terancam rusak dan tidak adanya backup data membuat data yang hilang tidak bisa di lihat kembali, penyewaan yang masih menggunakan nota sehingga akan menyulitkan petugas saat mencari data yang bertumpuk. Sejauh ini belum ada sistem informasi berbasis website dalam proses bisnis di Bougenville outdoor sehingga menyulitkan petugas untuk mengolah data informasi penyewaan dan konsumen yang sulit mendapatkan informasi juga media promosi yang kurang efektif karena masih menggunakan brosur sebagai media promosi.Dengan menggunakan sistem informasi berbasis web diharapkan proses bisnis pada bougenville outdoor tidak lagi mengalami kesulitan dan dapat menjadi media promosi yang baik agar perusahaan dapat diketahui oleh masyarakat luas terutama masyarakat kota bandung.Dalam perancangan sistem informasi, perlu digunakan suatu metodologi yang berfungsi sebagai pedoman. Dalam pendekatannya perancangan sistem informasi ini menggunakan Pemrograman berorientasi objek atau OOP (object-oriented programing) dan untuk mengembangkan sistem informasinya menggunakan pengembangan Prototype. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara mengadakan peninjauan atau observasi serta wawancara secara langsung ke Bougenville Outdoor. Alat bantu yang digunakan untuk mempermudah perancangan sistem dalam bentuk Use Case, Skenario Use Case, Diagram Activity, Sequence Diagram, Class Diagram, Component Diagram, Deployment Diagram, Object Diagram, yang diharapkan dapat membantu mengoptimalkan seluruh proses penjualan yang ada . Perangkat lunak yang digunakan untuk membuat perancangan sistem ini yaitu PHP dan menggunakan database MySql. Diharapkan dengan menerapkan sistem informasi ini dapat memecahkan seluruh permasalahan yang ada serta membantu Bougenville Outdoor untuk mengoptimalkan seluruh kegiatan pendaftaran, penyewaan, pembayaran, pengembalian, pengolahan data dan pembuatan laporan sehingga dapat menghasilkan informasi secara efektif dan efisien serta menjadi media promosi yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi penyewaan alat-alat outdoor, Metode pengembangan Prototype, Pendekatan Objek, php, website, database MySql.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/52048

Actions (login required)

View Item View Item