Penerapan Inovasi Biokrasi Dalam Pelayanan Publik Melalui E-Desa Di Desa Sindanglaya Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur

Erick Oktaviana, Muhammad (2017) Penerapan Inovasi Biokrasi Dalam Pelayanan Publik Melalui E-Desa Di Desa Sindanglaya Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Judul penelitian ini adalah ��Penerapan Inovasi Birokrasi dalam Pelayanan Publik melalui e-Desa di Desa Sindanglaya Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur. Identifikasi masalah dalam penilitian ini adalah Bagaimana Penerapan aplikasi e-Desa sebagai Inovasi Birokrasi dalam Pelayanan Publik di Desa Sindanglaya Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur. Tujuan penelitian mepermudah perangkat desa melalui e-Desa dalam melakukan pelayanan publik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode analisis terstruktur berorientasi data. Adapun metode desain yang ada pada langkah perancangan ini akan digambarkan dalam bentuk bagan alir dokumen (flowmap), diagram konteks, data flow diagram, dan kamus data. dengan metode pengembangan sistem yaitu dengan metode waterfall, dimana metode ini digunakan untuk pengembangan sistem sebelumnya dengan memiliki alur hidup perangkat secara sekunsional atau terurut. Perangkat lunak yang digunakan antara lain Dreamweaver, XAMPP dan Google Chrome. Hasil Penelitian Menunjukan bahwa bentuk pelayanan publik yang dilakukan melalui sistem informasi teknologi berupa aplikasi e-Desa yang memanfaatan jaringan internet bisa mempermudah kinerja kades dan sekdes. Penerapan e-Desa ini dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Aparatur Desa meliputi peningkatan akuntabilitas, kapasitas, transparansi, dan partisipasi dari berbagai pihak. Serta dengan adanya aplikasi e-Desa ini menciptakan penyederhanaan sistem kerja Aparatur Desa, namun tidak menyimpang dari tugas pokok Aparatur Desa yang berlaku dan lebih menghemat biaya dalam melakukan pelayanan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: e-Government, e-Desa, Sistem Informasi, Aplikasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/52067

Actions (login required)

View Item View Item