Sistem Informasi Reservasi Hotel Berbasis Web Di Hotel Asoka Bandung

Wiguna, Hopy (2017) Sistem Informasi Reservasi Hotel Berbasis Web Di Hotel Asoka Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perkembangan di era globalisasi, mendorong setiap perusahaan untuk mengembangkan teknologi informasinya. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi tersebut tentunya dapat menjadi sarana dalam meningkatkan kegiatan usaha yang tentunya dapat membantu pekerjaan disuatu organisasi atau perusahaan sehingga memiliki nilai tertentu. Hal tersebut berkaitan dengan pengolahan data hotel yang dapat berkontribusi dengan baik dalam meningkatkan kegiatan bisnis hotel. Berdasarkan uraian diatas penggunaan teknologi informasi dalam kegiatan bisnis hotel ini masih merupakan hal yang sangat penting dalam menunjang kinerja dari sumber daya manusia yang ada diperusahaan hotel ini. Pengolahan data reservasi hotel ini masih dilakukan secara manual, Contohnya seperti penyewaan kamar, pembayaran, dan masih dalam bentuk nota atau pembukuan. Dan pada proses reservasi hotel, pegawai masih mengalami kesulitan dalam pencarian data reservasi. Dan juga pembuatan laporan yang masih tergantung pada bukti reservasi hotel (nota dan buku). Sejauh ini belum ada sistem informasi aplikasi berbasis web dalam proses bisnis Hotel yang berjalan di Hotel Asoka sehingga menyulitkan pegawai untuk mengolah data informasi reservasi hotel. Dikarenakan masih menggunakan sistem manual maka memungkinkan penyimpanan data reservasi kamar hotel akan hilang, dengan menggunakan sistem aplikasi web ini maka penyimpanan data reservasi hotel ini akan tersimpan dengan baik dan aman. Dalam perancangan sistem informasi, perlu digunakan suatu metodologi yang berfungsi sebagai pedoman. Dalam pendekatannya perancangan sistem informasi reservasi hotel ini menggunakan Pemrograman berorientasi objek (object-oriented programming disingkat OOP) dan untuk mengembangkan sistem informasinya menggunakan pengembangan Prototype. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi serta wawancara secara langsung ke Hotel Asoka. Alat bantu yang digunakan untuk mempermudah perancangan sistem dalam bentuk Use Case, Skenario Use Case, Diagram Activity, Sequence Diagram, Class Diagram, Object Diagram, Component Diagram dan Deployment Diagram yang diharapkan dapat membantu mengoptimalkan seluruh proses reservasi hotel yang ada . Perangkat lunak yang digunakan untuk membuat perancangan sistem ini yaitu Php Xampp Adobe Dreamweaver CS5 dan menggunakan database MySql.Diharapkan dengan menerapkan sistem informasi ini dapat memecahkan seluruh permasalahan yang ada serta membantu Hotel Asoka untuk mengoptimalkan seluruh kegiatan reservasi, check-in, check-out, pembayaran, pengolahan data dan pembuatan laporan sehingga dapat menghasilkan informasi secara efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi reservasi hotel, Metode pengembangan Prototype, Pendekatan Objek, Php, Xampp, Adobe Dreamweaver CS5, database MySql.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/52152

Actions (login required)

View Item View Item