PENGARUH KUALITAS SISTEM INFORMASI SPT TERHADAP PENINGKATAN KEPUASAN WAJIB PAJAK DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA MERAUKE

Budhiningtias, Marliana and Winda Bimantara, Feibryan (2017) PENGARUH KUALITAS SISTEM INFORMASI SPT TERHADAP PENINGKATAN KEPUASAN WAJIB PAJAK DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA MERAUKE. Majalah Ilmiah UNIKOM, Vol.15. ISSN 1411-9374

[img]
Preview
Text
12.miu-15-no-1-marliana.pdf - Published Version

Download (760kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.unikom.ac.id/jurnal/pengaruh-kualita...

Abstract

Masalah kepatuhan wajib pajak adalah masalah penting di seluruh dunia, baik bagi Negara maju maupun di Negara berkembang. Karena jika wajib pajak tidak patuh maka akan menimbulkan keinginan untuk melakukan tindakan penghindaran, pengelakan, penyelundupan dan pelalaian pajak. Yang pada akhirnya tindakan tersebut akan menyebabkan penerimaan pajak Negara akan berkurang. Kepatuhan wajib pajak dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu kondisi sistem administrasi perpajakan suatu Negara, pelayanan pada wajib pajak, penegakan hukum perpajakan, pemeriksaan pajak, dan tarif pajak. Salah satu upaya dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak adalah memberikan pelayanan yang baik kepada wajib pajak. Peningkatan kualitas dan kuantitas pelayanan diharapkan dapat meningkatkan kepuasan kepada wajib pajak sebagai pelanggan sehingga meningkatkan kepatuhan dalam bidang perpajakan. Paradigma baru yang menempatkan aparat pemerintah sebagai abdi Negara dan masyarakat (wajib pajak) harus diutamakan agar dapat meningkatkan kinerja pelayanan publik. Sikap tanggung jawab sebagai warga negara yang baik bertolak belakang dengan kualitas pelayanan yang diberikan petugas, yang seharusnya semakin baik di awal tahun baru ini. KPP Pratama Merauke telah mengaplikasikan sistem informasi tersebut sebagai sarana kegiatan perpajakan. Dengan substansi yang dikembangkan terbatas pada penerapan system informasi SPT dan kepatuhan pelaporan Wajib Pajak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kualitas sistem informasi, kepuasan, wajib pajak
Subjects: Jurnal Tercetak > Majalah Ilmiah UNIKOM
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Direktorat > Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 14 Aug 2017 06:55
Last Modified: 14 Aug 2017 06:55
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/52376

Actions (login required)

View Item View Item