PENGARUH SUASANA LINGKUNGAN TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO ENGANO COLLECTION INDRAMAYU

Supriyadi, Cecep (2004) PENGARUH SUASANA LINGKUNGAN TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO ENGANO COLLECTION INDRAMAYU. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Seiring dengan berubahnya motif seseorang untuk berbelanja yaitu karena kegiatan tersebut sudah tidak hanya dianggap sebagai kegiatan fungsional untuk membeli barang-barang keperluan saja, akan tetapi kegiatan belanja saat ini lebih cenderung dianggap sebagai kegiatan dalam mengisi waktu luang, rekreasi, hiburan, atau sebagai pelepas stress saja. Untuk itulah setiap pelaku usaha diharapkan mampu mencari tahu suasana apa yang dibutuhkan konsumen saat berbelanja untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Tujuan utama dari bisnis eceran saat inipun telah berubah fungsinya, yaitu tidak lagi sekedar menjual produk saja, akan tetapi berusaha menciptakan sebuah suasana pembelian yang nyaman sehingga konsumen dapat menikmatinya dan merasa betah saat berada didalam toko dan diharapkan suasana lingkungan di toko tersebut mampu mempengaruhi minat beli mereka. Selanjutnya hasil dari penelitian ini penulis tuangkan kedalam skripsi yang berjudul : “Pengaruh Suasana Lingkungan Toko Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Engano Collection Indramayu ”. Unsur-unsur dalam suasana lingkungan toko ini meliputi bagian luar toko (eksterior), bagian dalam toko (general interior), dan layout didalam toko (strore layout). Metode penelitian yang digunakan penulis dalam kasus ini adalah metode penelitian deskriptif dan metode penelitian verifikatif, sample dari penelitian ini adalah konsumen toko ENGANO COLLECTION Indramayu selama 30 hari. Untuk dapat menganalisis sejauh mana pengaruh suasana lingkungan toko terhadap keputusan pembelian konsumen maka dilakukan uji statistik dengan menggunakan analisis korelasi Product Moment Pearson dan Multiple regression, dimana untuk memudahkan dalam proses perhitungan penulis menggunakan Software SPSS versi 10 for windows. Dari hasil wawancara dan kuesioner yang disebaran diketahui bahwa pihak ENGANO COLLECTION Indramayu telah menerapkan unsur-unsur suasana lingkungan toko sesuai dengan konsep Levy dan Weizt, Bearman dan Evans serta Loundon dan Della. Hasil akhir yang diperoleh dari penelitian dan pengolahan data yang ada bahwa penerapan unsur-unsur suasana lingkungan toko mempunyai derajat hubungan yang cukup erat yaitu sebesar 35.5% dan sisanya sebesar 64.5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2004
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:40
Last Modified: 16 Nov 2016 07:40
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/5304

Actions (login required)

View Item View Item