Penilaian Kualitas Perangkat Lunak Pada Aplikasi Akta Notaris Fidusia Di CV. Freda Velop

Sulaen, Mukhlis (2017) Penilaian Kualitas Perangkat Lunak Pada Aplikasi Akta Notaris Fidusia Di CV. Freda Velop. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

CV. Fredavelop merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang IT (Teknik Informatika). CV. Fredavelop memproduksi sebuah web aplikasi yang dirancang khusus untuk membantu meningkatkan kinerja notaris dalam pembuatan akta secara praktis, yaitu akta notaris fidusia. Aplikasi akta notaris fidusia yang ada saat ini memiliki penilaian yang kurang baik berdasarkan kuesioner kepuasan pengguna. Hal tersebut menjadi masalah yang dimiliki aplikasi akta notaris fidusia. Salah satu solusi terbaik untuk menilai kualitas sebuah sistem perangkat lunak adalah melalui proses evaluasi untuk mengetahui lebih rinci masalah yang dimiliki oleh web aplikasi tersebut. Salah satu standar yang digunakan untuk mendukung proses evaluasi kualitas perangkat lunak adalah standar ISO-25010. Penilaian standar ISO-25010 dilakukan melalui tahapan pendefinisian kebutuhan perangkat lunak berdasarkan keterkaitan antar karakteristik perangkat lunak tersebut. Dalam melakukan penilaian faktor kualitas digunakan kuesioner yang dibuat berdasarkan karakteristik dari perangkat lunak, dengan pendekatan Goal Question Metrics (GQM), yang kemudian digunakan untuk melakukan pembobotan pada tiap faktor dan sub-faktor kualitas. Setelah itu akan ditentukan pengategorian kualitas perangkat lunak dari tahap pengukuran. Penilaian metrik kualitas internal dilakukan menggunakan metrik Chidamber and Kemerer (CK). Penilaian struktur code dan class program dilakukan untuk mengetahui bagian code dan class mana yang perlu diperbaiki pada perangkat lunak. Hasil akhir dari pengujian dan implementasi standar ISO-25010 menghasilkan nilai perbaikan sebesar 3,14 lebih besar dari nilai aplikasi lama yaitu sebesar 2,95. Hal tersebut membuktikan rekomendasi perbaikan yang dilakukan dapat mengatasi masalah yang terdapat pada aplikasi akta notaris fidusia, baik dari segi fungsionalitas maupun dari segi code dan class program.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Perangkat Lunak, ISO-25010, Goal Question Metrics (GQM), Metrics Chidamber and Kemerer (CK)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53465

Actions (login required)

View Item View Item