Pemberian Reward Berdasarkan Pengelompokan Pelanggan Di Formen Galeri Lelaki Bandung Melalui Pendekatan CRM

Noviandri Sumarna, Novan (2017) Pemberian Reward Berdasarkan Pengelompokan Pelanggan Di Formen Galeri Lelaki Bandung Melalui Pendekatan CRM. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Formen Galeri Lelaki adalah perusahaan yang bergerak di bidang Factory Outlet di Bandung. Berdasarkan data transaksi bulan juli sampai desember 2015 terlihat jumlah transaksi terus mengalami penurunan mulai bulan september sampai desember dengan angka penurunan mencapai 3%. Masalah lainnya dalam hubungannya dengan pelanggan Formen Galeri Lelaki belum menentukan pelayanan khusus kepada pelanggan berdasarkan jenis pelanggan untuk meningkatkan transaksi. Formen juga belum memiliki sarana khusus untuk menampung kritik & saran dari pelanggan. Sistem informasi Customer Relationship Management (CRM) merupakan jenis manajemen yang membahas mengenai penanganan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan. Framework yang digunakan menggunakan Framework of Dynamic CRM yang merupakan kerangka kerja sebagai acuan dalam pembuatan sistem informasi CRM. Adapun jenis CRM yang dibangun adalah CRM Analitikal karena aktivitas ini menganalisa apa yang pelanggan perlukan dari data yang ada di perusahaan. Sedangkan perhitungan loyalitas pelanggan menggunakan metode CLV karena perusahaan memperhitungkan jumlah pelanggan yang berpotensial itu dengan cara melihat jumlah transaksi yang terbanyak bukan jumlah pelanggan yang sering datang dengan nominal yang sedikit untuk menghitung nilai pelanggan sebagai proses segmentasi dan Value Chain sebagai proses untuk menganalisis potensi perusahaan. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi pemberian reward berdasarkan pengelompokkan pelanggan untuk dapat membantu Supervisor dalam memberikan reward yang tepat untuk pelanggan berdasarkan hasil segmentasi pelanggan. Berdasarkan hasil pengujian black box serta wawancara menunjukan bahwa sistem yang dibangun dapat membantu Supervisor dalam pemberian reward kepada pelanggan untuk meningkatkan transaksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analitikal, CLV, CRM, Loyalitas, Reward
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53512

Actions (login required)

View Item View Item