Kinerja Dinas Komunikasi Dan Informatika (DISKOMINFO) Kota Bandung Dalam Mewujudkan Bandung Smart City Governance

Zulpranandy Datau, Aditya (2017) Kinerja Dinas Komunikasi Dan Informatika (DISKOMINFO) Kota Bandung Dalam Mewujudkan Bandung Smart City Governance. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dewasa ini nampaknya sulit dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari. Hampir di setiap kegiatan manusia dapat dilakukan dan diakses melalui TIK. Semakin majunya perkembangan TIK maka Pemerintah Kota Bandung berupaya untuk mereformasi gaya pemerintahannya dengan menerapkan Bandung Smart Governance. Permasalahan yang menghambat perwujudannya, antara lain (1) kurang maksimalnya pengadaan wifi di tempat fasilitas umum, (2) kurang meratanya pemberian informasi kepada seluruh masyarakat akibat tidak meratanya infrastruktur jaringan, (3) kurangnya pegawai, (4) kurang optimalnya penggunaan Bandung Commend Center sebagai sumber informasi di Kota Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah kinerja organisasi publik yang dikemukakan oleh Agus Dwiyanto yang terdiri dari lima indikator, yaitu produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Kemudian teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui studi pustaka, studi lapangan, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Aparatur Diskominfo Kota Bandung dengan penentuan purposif dan masyarakat yang ditentukan secara aksidental. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa produktivitas Diskominfo Kota Bandung kurang baik karena input serta output yang di hasilkan dalam mewujudkan Bandung Smart City Governance belum maksimal. Kualitas layanan Diskominfo Kota Bandung sudah baik dilihat dari baiknya Indeks Kepuasan Masyarakat dan pelayanan yang diterima oleh masyarakat. Responsivitas Diskominfo terhadap kebutuhan dan keluhan masyarakat dinilai sudah cukup baik. Terlihat dari teresponnya setiap keluhan masyarakat meski membutuhkan waktu yang relatif lama. Responsibilitas Diskominfo Kota Bandung dinilai baik, dilihat dari tanggung jawab dan kerjasama yang intens. Terakhir tingkat akuntabilitas Diskominfo sudah cukup baik, terlihat dari transparansi dan keterbukaan Diskominfo dalam melaporkan kinerjanya dalam suatu periode.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Diskominfo, Smart City Governance
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53714

Actions (login required)

View Item View Item