Rancang Bangun Model Kereta Cepat Dengan Metoda Magnetik Levitation Menggunakan Mikrokontroler Sebagai Penggeser Elektromagnetik

Akil, Satria (2017) Rancang Bangun Model Kereta Cepat Dengan Metoda Magnetik Levitation Menggunakan Mikrokontroler Sebagai Penggeser Elektromagnetik. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kereta cepat dengan metoda magnetic levitation merupakan suatu proses melayang kereta dengan memanfaatkan medan magnet, proses melayang kereta disebabkan ketika dua kutub yang sama didekatkan maka akan terjadi gaya tolak menolak antar magnet tersebut. Sistem utama yang digunakan adalah mikrokontroler Arduino Mega 2560. Salah satu fungsi utama Arduino Mega 2560 dalam perancangan untuk mengatur pergerakkan kumparan solenoid, sehingga kereta cepat dapat bergerak mengelilingi jalur rel kereta. Pada perancangan kereta cepat menggunakan komponen-komponen diantaranya Magnet Neodymium, MOSFET IRF520N dan hall effect sensor. Magnet neodymium berfungsi sebagai levitasi magnetik kereta. MOSFET IRF520N digunakan sebagai saklar kumparan solenoid. dan hall effect sensor A3144 digunakan untuk pengatur penyalaan dari kumparan solenoid. Hasil pengujian dari hardware secara keseluruhan menghasilkan kereta dapat bergerak mengelilingi jalur rel kereta, dengan memanfaatkan gaya elektromagnetik pada kumparan solenoid. Pergerakkan maju dan mundur kereta dapat diatur pada tombol panel dan pergeseran laju kereta dapat diatur dari slide potensiometer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Maglev, Magnet Neodymium, Hall effect sensor.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer > Sistem Komputer > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53732

Actions (login required)

View Item View Item